Aktris Sharon Stone Kini Berjuang Melawan Tumor Fibroid

Sharon Stone. (foto: getty images)

JAKARTA -- Aktris asal Amerika Serikat (AS) Sharon Stone mengungkapkan dirinya perlu mengangkat tumor fibroid. Ia mengungkapkan baru tahu memiliki tumor setelah salah didiagnosis.

"Baru saja mengalami salah diagnosis dan prosedur yang salah," tulis Stone dalam pesan di media sosial dikutip dari Today, Kamis (3/11/2022).

Setelah menderita rasa sakit yang semakin parah, Stone meminta pendapat berbeda atas diagnosis miliknya. Pendapat baru mengarah pada diagnosis saat ini.

"Saya punya tumor fibroid besar yang harus dihilangkan,” ujar Stone.

Tumor fibroid atau fibroid rahim adalah pertumbuhan non-kanker di rahim. Menurut Mayo Clinic, ukuran massa fibroid dapat sangat bervariasi, mulai dari tidak terdeteksi oleh mata manusia hingga massa besar yang dapat mendistorsi dan memperbesar rahim.

Selain menyebabkan tekanan panggul dan nyeri bagi sebagian orang, fibroid juga dapat menyebabkan perdarahan menstruasi yang berat, sering buang air kecil, dan sembelit. Sementara banyak pasien tumor fibroid tidak mengalami gejala sama sekali, tetapi dalam kasus yang jarang terjadi ketika tumor menjadi lebih besar dari jumlah suplai darah dan mulai mati, maka dapat menyebabkan nyeri akut.

Menurut Johns Hopkins Medicine, fibroid juga dapat menyebabkan peningkatan risiko infertilitas, keguguran, dan persalinan dini.

Usai mengetahui diagnosisnya, Stone mendesak pengikutnya untuk menjadi pendukung diri sendiri dan mengambil tindakan terkait kesehatan mereka. "Khususnya wanita, jangan lelah mendapatkan pendapat kedua. Itu bisa menyelamatkan hidup kita,” kata Stone yang kini sudah berusia 64 tahun.

Stone lama menjadi advokat untuk kesehatan wanita dan berbicara secara terbuka tentang perjuangan kesehatannya sendiri. Pada 2011, bintang film Basic Instinct itu mengalami stroke. Dalam perjalanannya menjadi orang tua, ia mengalami sembilan kali keguguran sebelum akhirnya mengadopsi seorang anak laki-laki.

Pada Juni 2022, ketika berbicara tentang kehilangan kehamilan seperti itu, Stone menulis bahwa kesehatan dan kebugaran wanita tidak relevan lagi dengan bergantung pada pria. Mengenai kondisi dan perawatannya saat ini, sang aktris kini menantikan kesembuhannya.

"Saya akan rehat selama empat sampai enam minggu untuk pemulihan penuh. Terima kasih atas kepedulian kalian. Semuanya baik-baik saja,” ucap Stone kala itu.


(dpy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.