Niat dan Tata Cara Shalat Idul Fitri

Shalat Idul Fitri/ilustrasi. (foto: kompas.tv)

JAKARTA -- Umat Islam akan segera meninggalkan bulan suci Ramadhan dan menyambut Syawal. Kaum Muslim tentu mengawali Syawal dengan melakukan Shalat Idul Fitri.

Setelah shalat, dianjurkan agar para jamaah Shalat Idul Fitri tidak meninggalkan masjid dan terburu-buru pulang. Sebaiknya tetap berdiam tenang sambil mendengarkan khotbah Shalat Idul Fitri sampai selesai.

Berikut niat dan tata cara Shalat Idul Fitri berdasarkan buku Panduan Shalat Idul Fitri yang diterbitkan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provisi Sumatera Selatan pada 2020.

- Pertama

Membaca niat.Niat Shalat Idul Fitri merupakan bagian awal dari tata cara Shalat Idul Fitri. Adapun lafadz niat Shalat Idul Fitri adalah sebagai berikut:

"Usholli sunnatan li'idil fithri rokataini imaman/makmuman lillahi ta'ala,". Yang artinya, "Aku berniat shalat sunnah Idul Fitri dua rakaat menjadi imam/makmum karena Allah Ta'ala,".

Sebelum imam dan makmum berniat, dimulai tanpa adzan dan iqamah karena tidak disunahkan. Maka cukup dengan menyerukan 'assholatul jaamiah'.

- Kedua

Dilanjutkan dengan takbiratul ihram sebagaimana shalat biasa. Setelah membaca doa iftitah, takbir lagi sebanyak tujuh kali pada rakaat pertama. Di sela-sela takbir tersebut dianjurkan membaca lafadz berikut:

"Subhanallah walhamdulillah wa la ilaha illallah wallahu akbar,". Yang artinya, "Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar,".

- Ketiga

Membaca Surah Al Fatihah. Setelah melaksanakan rukun ini, dianjurkan membaca Surah Al A'la, kemudian rukuk, i'tidal, sujud, duduk di antara dua sujud, dan sujud seterusnya berdiri.

- Keempat

Dalam posisi berdiri kembali pada rakaat kedua, lakukan takbir lagi (selain takbir intiqol) sebanyak lima kali seraya mengangkat tangan dan melafalkan 'Allahu Akbar' seperti sebelumnya. Jangan lupa di antara setiap takbir itu, membaca bacaan sebagaimana di poin kedua.

Kemudian membaca Surah Al Fatihah lalu Surah Al Ghasyiyah. Berlanjut ke rukuk, i'tidal, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud, dan tasyahud akhir hingga salam seperti sholat biasa.

- Kelima

Salam. Selesai.


(dvr)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.