Ganjar Pranowo Tunggu Parpol Pendukung Lain Sebelum Bahas Cawapres

 

Capres 2024 dari PDIP Ganjar Pranowo.

JAKARTA -- Bakal calon presiden (capres) dari PDIP, Ganjar Pranowo, mengatakan, pembahasan calon wakil presiden (cawapres) masih menunggu bergabungnya partai politik (parpol) lain dalam pengusungan nama Ganjar. Sebab, masih ada parpol lain yang akan menjalin kerja sama dengan PDIP.

"Kami akan bahas bareng-bareng, setelah mengerucut dikonsultasikan. Nanti dikomunikasikan agar bisa bareng, jadi sabar," ujar Ganjar di Sekolah Partai PDIP, Jakarta, Selasa (6/6/2023), dikutip dari Antara.

Namun, Ganjar mengakui parpol yang bersilaturahmi ke Kantor PDIP mengusulkan nama cawapresnya. Diketahui, saat ini sudah ada tiga partai yang mendatangi Kantor DPP PDIP, yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Partai Amanat Nasional (PAN).

"Masing-masing sudah melemparkan kemarin 'Boleh ndak calonnya dari kami? Boleh enggak?' Boleh nanti akan dimasukkan, nanti akan kami rapatkan," jelas Ganjar.

Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, mengungkapkan, enam dari 10 nama kandidat cawapres untuk Ganjar. Enam nama tersebut terdiri dari kalangan menteri, ketua umum parpol, hingga kepala daerah.

Dari sektor menteri, ada nama Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD dan Menteri BUMN Erick Thohir. Kemudian ada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, lalu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Selanjutnya ada Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Terakhir adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Nama-nama itu ya termasuk dalam peta yang ada di PDIP. Kalau boleh saya sebut nama itu dan semuanya tentu punya kelebihan-kelebihan," ucap Puan menegaskan. "Jadi nama tetap akan ditentukan nanti tapi belum hari ini. Jadi masih menimbang nama-nama yang ada."

 

(dpy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.