Kaesang Terjun ke Politik dan Siap Bersaing di Pilkada 2024, Gibran: Saya Kaget

Putra bungsu Presiden RI Joko Widodo, Kaesang Pangarep. (foto: net/instagram)

SURAKARTA -- Wali Kota Surakarta sekaligus putra pertama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan keinginan sang adik, Kaesang Pangarep, untuk terjun ke dunia politik. Gibran mengatakan, keinginan itu disampaikan Kaesang sendiri di depan dirinya dan ayahnya, Jokowi, saat pulang ke Surakarta.

"Yang kami bicarakan di meja makan itu Kaesang. Saya juga kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke kami ada ketertarikan di politik," kata Gibran dikutip dari Antara, Rabu (25/1/2023).

Meski demikian, Gibran belum tahu apakah Kaesang akan mulai terjun pada Pemilihan Daerah (Pilkada) Serentak 2024. "Nggak tahu, saya baru dengar kemarin. Bapak juga kaget. Biasanya nggak pernah membicarakan itu, ini penjajakan dulu," jelasnya.

Gibran mengatakan, ketertarikan Kaesang tersebut karena ingin berkontribusi pada daerah. Apalagi, sejak beberapa tahun terakhir, putra bungsu Jokowi itu juga sudah terjun langsung mengurusi klub sepak bola Persis Solo.

"Kalau saya lihat, misalnya Persis, itu kan yang kerja keras Kaesang. Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI kan Kaesang juga intens di situ. Kalau saya lihat, mampu, anak muda, tapi belajarnya cepat," kata Gibran memuji Kaesang.

Sementara itu, terkait partai politik yang ingin diikuti oleh Kaesang, Gibran mengaku belum mengetahuinya. "Nanti biar Kaesang saja yang memutuskan," cetusnya.

Disinggung mengenai isu dinasti politik yang mungkin akan mencuat, Gibran mengatakan bahwa kontestasi dalam politik merupakan kompetisi. "Bisa menang, bisa kalah. Kaesang kemarin hanya melontarkan keinginan, kalau keseriusan tanya Kaesang sendiri," tegasnya.


(dkd)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama