Legenda Sepak Bola Jerman Franz Beckenbauer Tutup Usia

Legenda besar sepak bola Jerman, Franz Beckenbauer, meninggal dunia pada 8 Januari 2024. (Foto: AP/John MacDougall)

JAKARTA -- Legenda sepak bola Jerman, Franz Beckenbauer, wafat di usia 78 tahun pada Senin (8/1/2024) waktu setempat. Keluarga Beckenbauer mengkonfirmasi atas kabar kematian pesepak bola berjuluk Der Kaiser yang juga identik sebagai legenda klub Bayern Muenchen, melalui kantor berita Jerman, DPA.

"Der Kaiser adalah salah satu pemain hebat yang pernah dilihat olahraga ini. Dengan kemampuannya, ia menciptakan standar di lapangan. Ketepatan dan karismanya sebagai pemimpin tim serta tenaga dan kekuatannya sebagai pelatih kepala di Piala Dunia tak terlupakan," kata Presiden Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) Bernd Neuendorf dilansir dari laman resmi DFB, Selasa (9/1/2024).

Mantan anak didik Beckenbauer, Rudi Voller, menganggap ini salah satu hak istimewa dalam hidupnya karena pernah mengetahui dan melihat kehebatan Franz Beckenbauer. "Der Kaiser telah menjadi inspirasi selama lebih dari satu generasi, ia akan selamanya tetap menjadi bagian kecemerlangan sepak bola Jerman," jelas dia.

Sejak putranya, Stephan meninggal pada tahun 2015, Beckenbauer kerap didera penyakit di antaranya parkinson, demensia, dan sempat melakukan operasi jantung pada tahun 2016 dan 2017. Beckenbauer juga sempat melakukan operasi untuk memasang pinggul buatan pada tahun 2018.

Beckenbauer merupakan salah satu pemain paling gemilang dalam sejarah sepak bola dunia. Selain mempersembahkan gelar Piala Eropa (1972) dan Piala Dunia (1974) untuk timnas Jerman sebagai pemain, Beckenbauer juga memberikan gelar Piala Dunia (1990) saat menjadi pelatih tim Panzer, julukan timnas Jerman.

Sebagai pemain, Der Kaiser memenangkan tiga trofi UEFA Liga Champions, lima gelar Bundesliga Jerman, empat Piala DFB, satu Piala Winners UEFA, dan satu Piala Interkontinental.
​​​
Beckenbauer juga tercatat sebagai peraih dua gelar pemain terbaik dunia atau Ballon D'or pada tahun 1972 dan 1976. Nama dari Sang Kaisar Jerman tersebut juga masuk dalam tim terbaik sepanjang masa Piala Dunia.

 

(eye)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.