Konflik Iran-Israel Memanas, Kemenlu Terus Pantau Kondisi WNI

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemenlu RI Judha Nugraha. (Foto: menpan.go.id)

JAKARTA -- Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) bersama Kedutaan Besar RI di Teheran, Iran, dan perwakilan RI di Timur Tengah terus memantau kondisi warga negara Indonesia (WNI) di tengah konflik yang memanas antara Iran dan Israel.

“Sesuai prosedur operasi standar, setiap perwakilan RI wajib memiliki rencana kontingensi untuk mengantisipasi situasi kedaruratan bagi pelindungan WNI,” kata Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemenlu Judha Nugraha dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (13/4/2024).

Menurut KBRI Teheran, 376 orang WNI berada di Iran yang sebagian besar adalah pelajar/mahasiswa di Kota Qom.

Israel berada dalam kewaspadaan tinggi di tengah ancaman Iran untuk menyerang target-target Israel sebagai balasan atas serangan udara pada 1 April 2024 terhadap fasilitas diplomatiknya di ibu kota Suriah, Damaskus.

Serangan tersebut menewaskan sedikitnya tujuh anggota Korps Garda Revolusi Islam Iran, termasuk dua jenderal penting.

Iran menuduh Israel melakukan serangan itu dan berjanji akan membalasnya. Para pemimpin politik dan militer Iran bersumpah akan melakukan pembalasan. Pernyataan itu memicu reaksi para pemimpin dunia untuk berusaha meredakan situasi.

Israel belum secara resmi mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut, meski telah melakukan sejumlah serangan terhadap sasaran Iran di Suriah selama berbulan-bulan.

Iran dan kelompok militan Hizbullah yang menjadi sekutunya di Lebanon menegaskan, serangan Israel tidak akan dibiarkan begitu saja.

 

(nnn)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.