Ini Rerata Skor IQ Orang Indonesia, Termasuk Rendah Dibanding Negara Asia Tenggara Lainnya

Intelligence Quotient (IQ) atau tingkat kecerdasan (foto: pixabay).

JAKARTA -- Penduduk Indonesia ternyata tidak pintar-pintar amat. Berdasarkan data dari World Population Review 2022 belum lama ini, penduduk Indonesia memiliki rata-rata skor IQ 78,49, menempati peringkat ke-130 dari total 199 negara dan menempati posisi ke-10 dari 11 negara Asia Tenggara yang diuji.

Angka-angka itu didapat dari skor rerata negara dalam tes IQ yang telah distandarisasi. Tes ini diperkenalkan oleh profesor asal Inggris Richard Lynn sejak tahun 2006.

Pendidikan dan kecerdasan dinilai terkait erat karena sistem pendidikan yang lebih kuat cenderung menghasilkan populasi yang lebih cerdas dari waktu ke waktu. Intelligence Quotient (IQ) merupakan salah satu dari banyak tes kecerdasan. Biasanya, IQ digunakan untuk mengukur kecerdasan manusia, sebagaimana dijelaskan dalam Very Well Mind.

IQ mencakup berbagai kemampuan mental seseorang, mulai dari penalaran verbal, kemampuan visual, kesadaran spasial, kecepatan pemrosesan, hingga pengenalan pola. Pada praktiknya, IQ kerap disebut dapat memprediksi hal-hal seperti kesuksesan akademis. Meski begitu, ahli menyebutkan bahwa IQ bukan jaminan kesuksesan hidup seseorang.

Studi terkait skor IQ negara di dunia telah dilakukan oleh Lynn bersama David Becker di tahun 2019 dengan judul penelitian "The Intelligence of Nations". Studi terkait intelijensi dunia yang dilakukan Lynn menjadi yang paling terkenal dan dipublikasikan secara luas. Menariknya, dalam daftar World Population Review 2022, lima besar negara dengan rerata skor IQ tertinggi merupakan negara-negara Asia, yakni Jepang, Taiwan, Singapura, Hong Kong, dan Cina. 


Singapura menjadi negara dengan rerata IQ tertinggi di kawasan Asia Tenggara. Rerata skor IQ dari negara itu sebesar 105,89 dari total 5.975.689 populasi. Jika disandingkan dengan negara lain di luar Asia Tenggara, Singapura menempati peringkat ketiga.

Daftar tertinggi di Kawasan Asia Tenggara selanjutnya adalah Kamboja, Myanmar, Vietnam, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, Laos, dan baru Indonesia di peringkat ke-10. Capaian rerata skor Indonesia sebesar 78,49. Sementara itu, dalam pemeringkatan dunia, rerata skor IQ Indonesia berada di posisi ke-130.

Di urutan ke-11 ada Timor Leste dengan capaian skor IQ sama dengan Indonesia. Pada pemeringkatan dunia, Timor Leste menduduki urutan ke-132.



(dkd)

 


 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.