Deretan Pejabat Negara dan Keluarganya yang Gemar Flexing, Berkilah Koleksi Barang KW

Para pejabat dan keluarganya yang gemar flexing/ilustrasi. (foto: pixabay)

JAKARTA -- Bermula dari kegeraman warganet atau netizens atas kepemilikan harta tak wajar dari mantan pejabat pajak, Rafael Alun Trisambodo, gerakan masif dari warganet mencuat di media sosial (medsos). Warganet mulai mendeteksi dan menyebarkan (share) para pejabat dan keluarganya yang suka pamer alias flexing. 

 

Setelah viral, sejumlah pejabat negara itu diselidiki aparat terkait bahkan dicopot dari jabatannya karena gaya hidup keluarganya yang mengumbar kemewahan.

Adapula setelah tersorot publik, sebagian pejabat itu mengakui bahwa barang-barang mewah yang dipamerkan keluarganya itu KW alias palsu. Berikut sejumlah pejabat dan keluarganya yang suka flexing, dikutip dari Republika, Selasa (4/4/2023).


1. Eks Pejabat Pajak di Kanwil Pajak Jakarta, Rafael Alun Trisambodo


Rafael Alun Trisambodo menjadi sorotan setelah anaknya Mario Dandi Satrio melakukan penganiayaan terhadap David Latumahina hingga koma. Polisi menyita mobil mewah Jeep, Rubicon berharga miliaran rupiah, yang digunakan David saat menganiaya David.

Selain mobil mewah, warganet kemudian mendapati bahwa Rafael juga memiliki deretan motor gede (moge) Harley Davidson. Rafael mengatakan mobil Rubicon dan mode Harley Davidson itu bukan miliknya, tetapi milik kakaknya, anaknya, hingga menantu. Kini Rafael sudah ditahan KPK dengan dugaan gratifikasi.


2. Sekretaris Daerah Riau, SF Hariyanto

SF Hariyanto menjadi sorotan setelah foto dan video istrinya yang memamerkan barang mewah viral di medsos. Sang istri banyak memamerkan foto liburannya ke Eropa. Ia juga mengenakan barang-barang rumah mode mewah, seperti tas Gucci dan Hermes. Selain itu, istrinya juga berfoto dengan sepeda mewah Brompton. Hariyanto mati-matian menyebut barang-barang mewah itu KW. Ia juga mengatakan istrinya berlibur dengan tiket promo.


3. Kepala Kantor BEA Cukai Makassar, Andhi Pramono

Andhi Pramono menjadi sorotan setelah putriya viral suka hura-hura dan flexing. Andhi mengatakan hal itu lumrah karena putrinya seorang selebgram. Andhi mengatakan putrinya flexing menggunakan uangnya sendiri, hasil pekerjaan sebagai selebgram.

Namun, PPATK menemukan banyak transaksi besar dalam rekening Andhi untuk berbagai aktivitas, mulai dari setoran tunai hingga pembelian barang mahal. Putrinya juga pernah memamerkan outfit-nya merek Balenciaga dan Versace. Andhi pernah memakai jam tangan Rolex hingga cincin batu safir dalam acara podcast.


4. Plt Bupati Bombana, Burhanuddin

Burhanuddin dan istrinya menjadi sorotan publik karena kegemarannya memamerkan gaya hidup mewah di medsos. Gaya hidup keluarga Burhanuddin terungkap setelah unggahan dari pengguna TikTok, yang menyoroti koleksi tas luxury brand milik istri pejabat itu. Burhanuddin juga terekam pernah mengendarai moge dan mobil Jeep dengan iring-iringan pengawalan. Setelah viral, Burhanuddin mengaku tas-tas mewah itu palsu karena dibeli di daerah Mangga Dua.


5. Kepala Kantor BEA Cukai Yogyakarta, Eko Darmanto

Eko Darmanto menjadi sorotan setelah kedapatan memiliki unggahan foto pesawat Cessna di media sosialnya. Setelah viral, Eko mengatakan pesawat itu bukan milik pribadi. Ia juga memamerkan moge Harley Davidson, yang kemudian disebut pinjaman orang lain. Selain itu, ada juga unggahan mobil Mercy, Chevrolet Bell Air, Mazda 2, BMW, Jeep Willys, Toyota Fortuner, Dodge Fargo, Chevrolet Aprache.


6. Kasubag Administrasi Kendaraan Biro Umum Kemensetneg, Esha Rahmansah Abrar


Esha Rahmansah Abrar menjadi sorotan setelah istrinya pamer harta kekayaan di medsos. Istrinya memamerkan tas mahal hingga mobil mewah. Ia memamerkan nota pembelian mobil dengan keterangan baru melihat mobil warna kuning di jalan, kemudian membelinya.

Istri Esha juga berfoto di samping mobil merek Mercedes Benz, yang berwarna senada dengan bajunya. Selain Mercedes Benz, ada mobil Fortuner yang terparkir di sebelahnya. Istrinya juga mengunggah baru saja mendapatkan kado mobil sebagai hadiah anniversary. Istrinya juga mengunggah foto hadiah tas bermerek dan emas batangan, buket bunga berisi uang pecahan Rp 100 ribu.

7. Kepala Badan Pertahanan Nasional (BPN) Jakarta Timur, Sudarman Harjasaputra


Sudarman Harjasaputra menjadi sorotan setelah istrinya kedapatan sering mengunggah gaya hidup mewah, seperti jalan-jalan ke luar negeri, menggunakan pesawat kelas satu, dan lain-lain. Istrinya juga berfoto menggunakan pakaian mahal dan tas mewah.


8. Direktur Penyelidikan KPK, Brigjen Endar Priantoro


Brigjen Endar menjadi sorotan setelah foto istrinya yang memamerkan gaya hidup mewah viral di medsos. Foto dan video istri Brigjen Endar itu menunjukkan kegiatannya berlibur ke luar negeri dan berbusana mewah.

9. Pegawai Kementerian Perhubungan, Rizky Alamsyah

Rizky Alamsyah dinonaktifkan dari jabatannya setelah viral unggahan istrinya memamerkan gaya hidup mewah. Istrinya pamer foto berada di pesawat dengan fasilitas kelas atas, berlibur ke luar negeri, pakaian dan tas dari merek mewah berharga ratusan juta di media sosial, mulai dari Dior hingga Louis Vuitton.


(dpy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.