Tegaskan KIB tak Bubar, PPP Ajak PAN dan Golkar Dukung Ganjar Jadi Capres 2024

Plt Ketua Umum (Ketum) PPP Muhamad Mardiono. (foto: dok.ppp)

JAKARTA -- Plt Ketua Umum (Ketum) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono menyatakan, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), yang terdiri dari Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), dan PPP tidak bubar. Hal ini ditegaskan Mardiono dalam pertemuan PPP dengan PDIP di Jakarta pada Minggu (30/4/2023).

"KIB tidak bubar, justru masing-masing partai mempunyai tugas, termasuk saya, mengajak KIB untuk bersama pilihannya, sama dengan PPP, dan jika itu terjadi maka itu akan menjadi KIB plus," kata Mardiono dalam konferensi pers usai pertemuan dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Menurut Mardiono, pertemuan PDIP dan PPP tidak bakal mempengaruhi koalisi PPP bersama Golkar dan PAN. Sebab, lanjut dia, koalisi tersebut bertujuan membangun ide dan gagasan tentang pembangunan bangsa. Adapun pengusungan nama bakal calon presiden (capres) merupakan ruang yang berbeda.

"KIB didirikan setahun yang lalu dalam rangka kerja sama membangun ide dan gagasan ketiga partai dan kemudian ini ruangnya beda," ujar Mardiono menjelaskan. "Koalisi ini bagaimana membentuk ide dan gagasan dalam membangun bangsa ini ke depan, dan kemudian menjadi keputusan personal partai masing-masing dalam menentukan bakal calon presiden."

Mardiano menjelaskan, KIB tidak akan saling mencampuri urusan internal masing-masing partai. Sebab, setiap partai politik (parpol) memiliki dan bida menentukan pilihannya masing-masing.

Kendati begitu, Mardiono mengaku sudah memberikan penjelasan kepada PAN dan Golkar mengenai keputusan PPP dalam mengusung Ganjar Pranowo maju sebagai capres di Pilpres 2024. Hasilnya pun kedua parpol tersebut tidak menolaknya dan tidak mengubah posisi koalisi tiga.

"KIB tak bubar, bisa jadi KIB plus. Manakala berbeda pun, itu adalah keniscayaan politik karena negara kita adalah negara demokrasi dan kami tidak membatasi ruang berbeda itu sampai sekarang. Hasil pertemuan dengan KIB, KIB tetap solid, guyub, rukun," kata Mardiono menegaskan.

(dpy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.