Gibran Temui DPP PDIP, Hasto: Ibu Megawati Beri Pesan Waspada Manuver Politik

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.dan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (kanan). (foto: gesuri.id)

 

JAKARTA -- Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah menerima penjelasan dari Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka terkait pertemuannya dengan Prabowo Subianto dalam acara relawan Jokowi se-Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gibran saat itu menyatakan dukungan kepada Prabowo yang juga Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra.

Dari penjelasan Gibran, PDIP memahami bahwa hal yang lumrah jika seorang kepala daerah menerima tamu dari partai politik (parpol) lain hingga tokoh masyarakat.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto, mengatakan, parpolnya tak memberikan sanksi terhadap Gibran terkait pertemuan tersebut. Namun, ia menyampaikan pesan dari Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri terkait banyaknya manuver politik jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Kami jelaskan pesan-pesan dari Ibu Megawati Soekarnoputri kepada Mas Gibran bahwa berpolitik itu membangun peradaban, berpolitik itu merawat pertiwi, dan berpolitik itu juga harus waspada dari berbagai manuver-manuver politik," ujar Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (22/5/2023).

Manuver politik tersebut terjadi karena suka tidak suka, Gibran adalah putra sulung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Apalagi, Solo merupakan salah satu kandang dari PDIP. "Sebagai wali kota beliau banyak menerima tamu-tamu tingkat nasional, apalagi Solo makannya luar biasa, kulinernya juga luar biasa," cetus Hasto.

Lebih lanjut, Hasto menyatakan, Gibran secara terbuka telah menjelaskan dengan detail apa yang menjadi permasalahan akhir-akhir ini. Pasalnya, ada framing bahwa Gibran mendukung Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

"Prinsipnya hari ini pertemuan antara kader partai untuk berdialog dan meluruskan berbagai hal yang seringkali apa yang diberitakan dan kenyataan itu berbeda. Begitu banyak kepentingan yang bermain, begitu banyak framing yang coba dimainkan," ujar Hasto menjelaskan.

DPP PDIP sudah memberikan nasihat kepada Gibran dan kader parpol lainnya yang menjadi kepala daerah. Pasalnya, hal yang lumrah jika seorang kepala daerah menerima silaturahim dari parpol dan tokoh masyarakat.


(dpy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.