PDIP-Demokrat Jajaki Kerja Sama, PKS Klaim Tetap Komitmen Usung Anies Baswedan di Pilpres 2024

Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Al Muzammil Yusuf. (foto: dpr.go.id)

JAKARTA -- Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Al Muzammil Yusuf, memberikan tanggapannya terkait rencana pertemuan antara PDI Perjuangan (PDIP) dengan Partai Demokrat. Termasuk, adanya tawaran kerja sama dari PDIP ke Partai Demokrat.

Al Muzammil mengatakan, PKS sebagai rekan koalisi di Koalisi Perubahan untuk Persatuan akan tetap konsisten memperjuangkan calon presiden (capres) Anies Rasyid Baswedan. Hal ini sesuai pula dengan amanat Majelis Syuro PKS.

"PKS memiliki komitmen yang kuat terhadap Anies Baswedan sebagai capres Koalisi Perubahan," kata Al Muzammil, Minggu (11/6/2023), dikutip dari Republika, Senin (12/6/2023).

Al Muzammil menekankan, sampai saat ini mitra koalisi PKS yaitu Partai Nasdem dan Partai Demokrat tetap pula menjaga komitmen. Sedangkan, dialog-dialog terkait cawapres Anies masih terus berlangsung

Apalagi, telah menjadi kesepakatan bersama Koalisi Perubahan untuk memberikan keputusan kepada Anies. Terutama, dalam menyeleksi usulan-usulan cawapres yang diajukan oleh tiga partai-partai koalisi.

Al Muzammil menambahkan, pembukaan komunikasi antara tiga partai Koalisi Perubahan dengan berbagai partai politik (parpol) dan tokoh-tokoh di luar koalisi merupakan sesuatu yang biasa. Sebab, parpol memiliki tugas dan fungsi. Salah satunya untuk menjalin komunikasi politik dengan semua pihak, termasuk parpol lain.

Meski begitu, Al Muzammil menegaskan, PKS tetap berkomitmen menjaga soliditas dan kebersamaan dalam Koalisi Perubahan. "Kami berharap, segala bentuk komunikasi politik yang dilakukan partai-partai koalisi dapat menguatkan dan memperkuat koalisi yang sudah terjalin dengan baik," jelas dia.

Sebelumnya, isu keretakan menimpa Koalisi Perubahan yang mengusung Anies Baswedan untuk Pilpres 2024. Hal ini terjadi usai Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), disebut masuk bursa cawapres yang diusung PDIP, Ganjar Pranowo.

Apalagi, Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, dalam Rakernas PDIP, sempat menyebut nama AHY. Setelah itu, muncul rencana pertemuan Puan Maharani-AHY yang diungkap Sekjen PDIP dan disambut positif Sekjen Partai Demokrat.


(dpy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.