BOGOR -- IPB University terus memperkuat transformasi pembelajaran digital sebagai bagian dari pengembangan pendidikan masa depan. Direktur Transformasi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran (DTPTP) IPB University, Prof Yulin Lestari, menyatakan bahwa pendidikan digital menuntut pendekatan baru yang berorientasi pada kemandirian mahasiswa.
Pendekatan heutagogy dan cybergogy dinilai Prof Yulin menjadi standar pembelajaran di masa depan. Konsep heutagogy mendorong mahasiswa menentukan arah belajarnya secara mandiri, sedangkan cybergogy mengintegrasikan pola belajar tersebut dalam ekosistem digital yang fleksibel.
Menurut Prof Yulin, penguatan literasi digital, daya analitis, kreativitas, dan kemampuan belajar sepanjang hayat menjadi pondasi penting bagi lulusan IPB University yang ingin berkompetisi di level global.
“Mahasiswa generasi kini adalah digital native. Teknologi bukan untuk mengambil peran dosen, tetapi untuk kita kelola dengan bijak sehingga mampu meningkatkan kualitas pembelajaran,” ujar Prof Yulin saat kegiatan Sharing Session “Gogies Series: Heutagogy, Cybergogy, and EdTech Integration”, akhir November 2025.
Di sisi lain, Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Prof Deni Noviana, menekankan bahwa dosen memiliki peran strategis dalam membentuk karakter, kreativitas, serta daya saing mahasiswa.
Prof Deni menyampaikan bahwa seorang pendidik tidak hanya menyampaikan pengetahuan, tetapi juga memberikan inspirasi dan dorongan untuk berkembang. “Menjadi dosen bukan hanya menyampaikan materi, tetapi memberi motivasi dan inovasi. Kalau dosennya tidak kreatif, bagaimana mahasiswa akan kreatif?”
Prof Deni menambahkan, integritas merupakan fondasi yang harus dijaga dalam proses mengajar. Komitmen terhadap tugas akademik, menurutnya, menjadi cerminan profesionalitas seorang pendidik. “Hanya panggilan Presiden RI yang boleh membatalkan kuliah. Selain itu, kuliah harus tetap jalan,” cetusnya.
Prof Deni juga menyampaikan pentingnya pemanfaatan teknologi dalam kelas. Percepatan transformasi ruang pembelajaran seperti penggunaan smartboard dan fasilitas digital lain dinilai penting agar proses belajar sejalan dengan perkembangan mahasiswa yang semakin adaptif terhadap teknologi.
(***)

Posting Komentar untuk "IPB University Jadikan Pendekatan Heutagogy dan Cybergogy Standar Pembelajaran Masa Depan di Era Digital"