Dukung Ganjar, Kakak Kandung Megawati: Presiden RI tak Harus Keluarga Soekarno

Guntur Soekarnoputra (kiri), Ganjar Pranowo (kanan atas), dan Puan Maharani (kanan bawah). (foto: kolase aksinews.id)

JAKARTA -- Kakak kandung Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri, Guntur Soekarnoputra, mengaku lebih mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo daripada Ketua DPP PDIP Puan Maharani untuk dijadikan calon presiden (capres) 2024. Menurut Guntur, presiden periode berikutnya tidak harus berasal dari trah Soekarno.

"Saya sudah bilang, yang jadi presiden atau kepala negara Indonesia itu tidak harus keluarganya Bung Karno. Jadi saya berhak dong kalau milih Ganjar," ujar Guntur dalam program Point of View yang tayang di kanal Youtube Liputan6, dikutip pada Rabu (18/1/2023).

Meski Puan adalah keponakannya, Guntur yang akrab disapa Mas To itu memiliki pilihannya sendiri. Kendati demikian, ia memastikan hubungannya dengan Ketua DPR RI itu tetap terjalin sangat baik.

"Mas To sama dia sayang, Mas To sama dia sebagai pamannya selalu bertindak sebagai pamannya. Tapi kalau dihubungkan sama politik, presiden atau gimana, Mas To punya pilihan sendiri," ucap Guntur.

Sebelumnya, Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri belum mengumumkan calon presiden yang akan diusung oleh partainya. Mengingat hal tersebut merupakan kewenangan penuh darinya, yang merupakan amanat Kongres V PDIP pada 2019.

Kendati demikian, terdapat isyarat bahwa partai berlambang kepala banteng itu akan mengusung capres yang berasal dari internalnya. Sebab Megawati dalam pidatonya, mengkritik partai yang tak melakukan kaderisasi dengan baik dan mengusung capres dari luar.

Megawati mengaku telah mengobrol dengan anaknya yang merupakan Ketua DPR RI Puan Maharani. Ceritanya, ia melihat perkembangan politik Indonesia, tetapi banyak partai politik tak mengusung kadernya sendiri. "Memangnya gak punya kader sendiri, masa dompleng-dompleng! Ini aturannya bagaimana sih?" tegas Megawati.


(dpy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.