Ini Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja 2024

Program Kartu Prakerja 2024. (Foto: Dok Pint)

 

JAKARTA -- Program Kartu Prakerja gelombang 63 tahun 2024 resmi dibuka pada Rabu (3/1/2024). Pengumuman pembukaan diunggah langsung di akun Instagram resmi @prakerja.go.id.

“Belum punya akun Prakerja? Pendaftarannya udah dibuka lagi nih Sob! Langsung meluncur ke www.prakerja.go.id dan klik “Daftar Sekarang” untuk buat akun kamu sekarang juga!” tulis akun @prakerja.go.id, Kamis (4/1/2024).

Program Kartu Prakerja merupakan inisiatif pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja terkena PHK, dan/atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Tahun 2023, program Kartu Prakerja telah mencapai gelombang 62, yang merupakan gelombang terakhir pada tahun tersebut.

Namun, untuk tahun 2024, pendaftaran telah dibuka kembali, memberikan kesempatan bagi individu untuk mengikuti program ini.

Syarat Mendaftar Kartu Prakerja 2024


Untuk dapat mendaftar dalam program Kartu Prakerja, terdapat beberapa syarat yang perlu dipenuhi:

-    Warga Negara Indonesia (WNI) dengan rentang usia antara 18 hingga 64 tahun.
-    Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
-    Sedang dalam status mencari kerja, terkena PHK, atau membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, termasuk pekerja/buruh yang dirumahkan, pekerja bukan penerima upah, dan pelaku usaha mikro & kecil.
-    Tidak termasuk dalam kategori Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa, serta Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
-    Maksimal 2 Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam 1 Kartu Keluarga (KK) yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Cara Daftar Kartu Prakerja 2024


-    Langkah pertama untuk mendaftar adalah membuka www.prakerja.go.id dan klik “Daftar Sekarang”
-    Lalu membuat akun Prakerja dengan menyediakan data diri, seperti e-mail, NIK, nomor KK, nomor HP yang masih aktif, dan menyelesaikan tes kemampuan dasar untuk menyelesaikan proses pendaftaran.
-    Setelah mendaftar, peserta dapat mengikuti seleksi dengan bergabung dalam gelombang yang tersedia. Proses seleksi ini kemudian diikuti dengan menunggu pengumuman hasil seleksinya.
-    Peserta yang lolos seleksi akan mendapatkan saldo pelatihan sebesar Rp 3.5 juta. Mereka dapat memilih pelatihan yang dibutuhkan melalui Mitha Platform Digital dan melakukan pembayaran dengan nomor Kartu Prakerja. Penting untuk memastikan bahwa rekening bank/e-wallet sudah tersambung sebelum membeli pelatihan.
-    Setelah memilih pelatihan, peserta dapat menjalani proses pelatihan dengan mengerjakan pre-test dan post-test, serta menyelesaikan pelatihan untuk mendapatkan sertifikat.
-    Setelah menyelesaikan pelatihan, peserta diminta untuk memberikan rating dan ulasan terhadap pelatihan yang telah diselesaikan melalui dashboard Prakerja.
-    Peserta akan menerima insentif sebesar Rp.600.000 di rekening bank/e-wallet setelah menyelesaikan pelatihan.
-    Peserta diharapkan untuk menjawab 2 survei evaluasi di dashboard Prakerja dan akan mendapatkan insentif sebesar Rp.50.000 untuk setiap survei yang diisi.


Cara Cairkan Insentif Kartu Prakerja


-   Bagi para peserta yang lolos Kartu Prakerja gelombang 63, akan mendapatkan bantuan dan intensif berupa biaya pelatihan.
-   Insentif tersebut didapatkan bisa dicairkan melalui dompet digital atau e-wallet seperti OVO, LinkAja, Gopay dan DANA.

Syarat penarikan insentif Kartu Prakerja


-    Pastikan nomor rekening bank dan e-wallet merupakan atas nama Anda sendiri (menggunakan NIK sama dengan NIK yang terdaftar di Kartu Prakerja). Jika memilih e-wallet, pastikan Anda memiliki akun e-wallet (OVO, LinkAja, Gopay, DANA).
-    Pastikan nomor HP yang teregistrasi di Kartu Prakerja merupakan nomor telepon akun e-wallet/e-money Anda.
-    Akun e-wallet Anda telah ter-upgrade atau akun e-wallet yang KYC (Know Your Customer) yakni sudah melakukan verifikasi KTP dan swafoto.
-    Setelah memenuhi persyaratan di atas, kemudian Anda dapat menyambungkan e-wallet milik Anda ke akun Prakerja


Keuntungan Memiliki Akun Kartu Prakerja 2024


-    Kemampuan untuk bergabung dalam gelombang seleksi Prakerja jika memenuhi persyaratan.
-    Akses gratis pembelajaran mandiri di program #TalentaAIIndonesia pada topik AI, Data, atau Cybersecurity dengan kurikulum berstandar industri, serta kesempatan untuk mendapatkan beasiswa Microsoft Certification senilai 100 USD.
-    Kesempatan untuk membeli pelatihan gratis dan berbiaya rendah di festival pelatihan bulanan #IndonesiaSkillsWeek.
-    Akses rekomendasi pekerjaan dari platform job seperti Pintarnya, Jobstreet, Karir.com, dan TopKarir.


(Sumber: prakerja.go.id)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.