Eurofragance Perkuat Jangkauan di Asia dengan Resmikan Pusat Kreatif Baru di Jakarta

Country Manager Eurofragance Indonesia, Edy Chandra; Chairman Eurofragance, Santiago Sabates; dan APAC General Manager Eurofragance, Balwinder Rolley (dari kiri ke kanan) pada acara pemotongan pita peluncuran Jakarta Creative Centre, Senin (24/11/2025). (Foto: Istimewa)

JAKARTA -- Eurofragance, perusahaan multinasional asal Spanyol yang memproduksi bahan wewangian (fragrance), meresmikan Pusat Kreatif pertama di Indonesia, Senin (24/11/2025). Berlokasi di Arkadia Green Park, Jakarta Selatan, fasilitas ini memperkuat jangkauan regional Eurofragance dan keahlian inovasi di Asia Pasifik. 

Dengan investasi sebesar €1 juta atau sekitar Rp 19,27 miliar, Pusat Kreatif ini akan menjadi basis regional untuk kolaborasi produk, formulasi, dan kolaborasi dengan pelanggan di sejumlah kategori produk, termasuk fine fragrance, produk rumah tangga, serta perawatan tubuh.

Peresmian Pusat Kreatif Eurofragance sejalan dengan pesatnya pertumbuhan pasar wewangian di Indonesia, terutama didorong selera konsumen yang semakin tinggi dan lonjakan permintaan solusi wewangian yang terinspirasi dari budaya lokal. Data industri memproyeksikan industri wewangian Asia Tenggara akan mengalami pertumbuhan dengan CAGR lebih dari 3 persen hingga 2030. Di sisi lain, Indonesia akan menjadi salah satu pasar yang paling menarik di kawasan tersebut.

Sebagai bagian dari jaringan global Pusat Kreatif Eurofragance di Barcelona, Dubai, Meksiko, India, dan Singapura, fasilitas di Jakarta memperkuat kemampuan Eurofragance dalam menghadirkan solusi wewangian bernuansa lokal dengan standar global. Dilengkapi fasilitas perfumery, evaluasi produk, dan aplikasi mutakhir, Pusat Kreatif di Jakarta mengusung keahlian kreatif dan teknis Eurofragance bagi para pelanggan di Indonesia dan Asia Pasifik.

"Indonesia berada di pusat industri wewangian Asia Tenggara—pasar yang penuh kreativitas dan keberagaman budaya dengan preferensi konsumen yang semakin matang," ujar Balwinder Rolley, General Manager, APAC, Eurofragance. "Dengan mendirikan pusat kreatif dan teknis di Indonesia, kami kian mudah berkolaborasi dengan mitra, mempercepat proses kerja dari konsep hingga produk akhir, dan menciptakan aroma yang sesuai dengan selera lokal."

Dengan luas lebih dari 770 m², Pusat Kreatif ini beroperasi di bawah naungan PT Euronindo Fragance Internusa dan mengintegrasikan teknologi eksklusif Eurofragance seperti EuroCaps™ untuk ketahanan aroma serta EuroPure™ untuk penetral bau. Inovasi tersebut menghasilkan solusi berkinerja tinggi bagi brand, meningkatkan kualitas produk, dan pengalaman konsumen untuk sejumlah kategori produk, seperti kecantikan, perlengkapan rumah, dan perawatan tubuh. 

Sejalan dengan komitmen Eurofragance terhadap inovasi berkelanjutan, fasilitas ini menerapkan praktik ramah lingkungan dalam formulasi produk, pengadaan bahan baku, dan aktivitas operasional—mulai dari penggunaan bahan baku terbarukan hingga proses yang hemat energi.

Selain menciptakan aroma, Pusat Kreatif ini juga berfungsi sebagai pusat pelatihan dan pengembangan SDM sehingga mendukung pertumbuhan industri wewangian Indonesia. Di fasilitas, para ahli parfum, evaluator, dan ahli aplikasi berkolaborasi dengan tim pemasaran dan penjualan untuk mengubah temuan dari riset pasar menjadi solusi aroma yang khas.

"Jakarta merupakan lokasi yang tepat untuk ekspansi kami. Di kota ini, berbagai tren mulai berkembang. Dengan Pusat Kreatif di Jakarta, kami dapat mengeksplorasi budaya Indonesia dan menciptakan aroma yang tidak hanya berkualitas tinggi, namun juga relevan bagi konsumen lokal," ujar Country Manager, Eurofragance Indonesia, Edy Chandra.

Pusat Kreatif Jakarta ini diresmikan setelah Eurofragance Indonesia berdiri pada 2023. Kehadiran fasilitas ini melengkapi jaringan regional Eurofragance, termasuk Pusat Kreatif di Mumbai yang diluncurkan pada 2024 dan Singapura pada 2016. 

Perkembangan ini menegaskan komitmen jangka panjang terhadap Asia Pasifik dan ambisi Eurofragance untuk berkembang melalui inovasi yang mengutamakan pelanggan dan pasar lokal.

(***)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.