Survei SMRC: Anies Berpeluang Menang di Pilpres 2024, tapi Jika Ganjar tak Maju Capres

Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo (kanan). (foto: kompastv.com)

JAKARTA -- Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbaru bertajuk 'Prospek Anies Baswedan di Pilpres 2024'. Hasilnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, berpeluang menang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, tapi jika Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tidak maju menjadi calon presiden (capres).

"Jika Anies menghadapi Prabowo Subianto dan Ganjar tidak ikut bersaing, maka peluang Anies menang atas Prabowo cukup terbuka. Namun jika Ganjar ikut bersaing, peluang Anies menang menjadi kecil," kata Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, yang ditayangkan melalui kanal YouTube SMRC TV, pada Kamis (8/9/2022).

Survei juga menunjukkan jika pemilihan presiden diadakan sekarang dan yang maju ada tiga calon, Anies vs Ganjar vs Prabowo, dan semua pemilih tahu ketiga calon tersebut, Ganjar mendapat dukungan 44,6 persen, unggul signifikan atas Prabowo 25,7 persen, dan Anies 21,7 persen. Adapun yang tidak menjawab 8 persen.

Jika Pilpres 2024 mempertemukan Anies dan Prabowo, lanjut Deni, Anies didukung 38 persen suara, bersaing ketat dengan Prabowo yang mendapatkan dukungan 41,5 persen. Sedangkan 20,4 persen responden belum tahu. "Selisih suara Prabowo dan Anies tidak signifikan secara statistik sehingga tidak bisa disimpulkan siapa yang lebih unggul dari keduanya," paparnya.

Lebih jauh Deni menjelaskan, faktor mengapa Anies terlihat kompetitif menghadapi Prabowo, tapi berat dalam menghadapi Ganjar. Ini terkait dengan tingkat kedisukaan Anies 74 persen yang sedikit di atas atau hampir sama dengan Prabowo 71 persen, tapi cukup jauh di bawah Ganjar 83 persen.

Survei ini dilakukan secara tatap muka pada 5-13 Agustus 2022. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia (WNI) yang yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Dari populasi itu, dipilih secara random (stratified multistage random sampling) 1.220 responden. Response rate sebesar 1.053 atau 86 persen. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

 

(dpy) 

 


Baca juga artikel terkait ini:

- Survei SMRC: Jika Ganjar, Prabowo, dan Anies Maju di Pilpres 2024, Ganjar Bisa Jadi Juaranya

- Indometer: Prabowo-Anies dan Anies-Puan Unggul di Simulasi Pilpres 2024

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.