Ini Rahasia Diet Lionel Messi untuk Bentuk Otot yang Kuat

Bintang timnas Argentina, Lionel Messi. (foto: pinterest)

JAKARTA -- Pola makan yang diterapkan orang-orang Argentina umumnya melibatkan banyak daging. Akan tetapi, bintang timnas sepak bola Argentina, Lionel Messi, justru menahan diri agar tak mengonsumsi daging dalam jumlah besar di bawah pengawasan ahli gizi asal Italia, Giuliano Poser.

Sudah menjadi rahasia umum, punya otot kaki dan core yang kuat merupakan salah satu faktor yang perlu dimiliki oleh pesepak bola seperti Messi. Tak heran, selain melakukan latihan fisik, juara Piala Dunia 2022 itu juga menjaga kekuatan ototnya dengan menerapkan pengaturan pola makan yang baik.

"Jumlah daging yang biasanya disantap oleh orang Argentina dan Uruguay sangat banyak hingga sulit untuk dicerna," ujar Giuliano Poser seperti dilansir dari DailyMail, Selasa (27/12/2022).

Asupan daging memang kerap dikaitkan dengan atlet karena daging mengandung banyak protein. Akan tetapi, pola makan yang didominasi oleh banyak daging bisa membuat seseorang mengonsumsi terlalu banyak kolesterol dan lemak.

Diet yang didominasi oleh daging juga dinilai tidak seimbang. Orang-orang yang menerapkan pola makan seperti ini bisa berisiko mengalami defisiensi gizi. Defisiensi gizi bisa berdampak buruk bagi atlet karena dapat mengganggu kesehatan jantung dan membuat tubuh kurang berenergi.

Poser memilih diet Mediterania sebagai pengaturan pola makan yang sesuai untuk Messi. Pola makan ini didominasi oleh lima elemen penting yang menjadi dasar dari pola makan Messi, yaitu air putih, minyak zaitun, gandum utuh, serta sayur dan buah segar. Kacang-kacangan dan biji-bijian juga turut menjadi bagian dari pengaturan pola makan ini.

Diet Mediterania telah diteliti dalam berbagai studi ilmiah. Studi-studi tersebut menghasilkan temuan bahwa diet Mediterania bisa membawa banyak manfaat menyehatkan, termasuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, menekan risiko kanker, dan memperpanjang harapan hidup.

Tak hanya itu, diet Mediterania juga sangat baik diadopsi oleh atlet seperti Messi karena dapat memberikan energi yang bertahan lama. Yang tak kalah penting, diet Mediterania juga berperan penting dalam pemeliharaan kekuatan otot dan berat badan.

Terkait pemeliharaan otot, Poser juga meminta Messi untuk menghindari minuman bersoda dan konsumsi gula berlebih. Poser mengatakan gula berlebih merupakan musuh terbesar otot.

"Semakin dia menjauh dari gula, semakin baik," jelas Poser. "Tepung rafinasi juga menjadi masalah besar belakangan ini, sulit untuk menemukan gandum yang tak terkontaminasi."


(dkd)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.