Tiga Kali Diundang Presiden Jokowi, Pedagang Angkringan Ini Bangga dan Terharu

Joko Riyanto (kiri) di depan warung angkringan, Solo, Sabtu (10/12/2022). (foto: gebrak.id)

SOLO -- Presiden RI Jokowi dan Ibu Negara Iriana punya gawe besar, menikahkan putra bungsunya, Kaesang Pangarep, dengan putri pilihan Kaesang, Erina Sofia Gudono. Rangkaian acara sudah dimulai sejak Jumat (9/12/2022) kemarin, yakni adat siraman dan midodaren, dilanjutkan hari ini, Sabtu (10/12/2022), upacara ijab qobul di rumah mempelai wanita di Yogyakarta.

Kegiatan berjalan lancar dan Minggu (11/12/2022) esok dilanjutkan ngunduh mantu (pengantin dan rombongan) pulang ke kediaman mempelai pria di Solo, Jawa Tengah. Acara juga akan diramaikan dengan kirab kereta kencana mempelai pengantin dan rombongan disaksikan masyarakat umum dengan rute kediaman dinas Wali Kota Solo (Loji Gandrung) menuju Puro (Istana) Mangkunegaran Surakarta yang berjarak 1,5 km.

Ada yang menarik, yakni Jokowi dan keluarga mengundang pedagang angkringan langganan keluarga orang nomor satu di republik ini, yakni Joko Riyanto.

Ditemui tim gebrak.id Sabtu (10/12/2022) siang di warung angkringannya di kawasan Sumber, Banjarsari (sekitar 150 meter dari kediaman pribadi Jokowi di Solo), Riyanto merasa bangga dan terharu mendapat undangan khusus seperti diperlihatkan kepada gebrak.id. Ia mengaku bukan kali ini saja diundang Jokowi.

"Ini undangan yang ketiga kali Mas. Yang pertama saat Pak Jokowi menikahkan Gibran, lalu juga beliau mengundang saat menikahkan Kahiyang, dan yang ketiga ini nikahnya Mas Kaesang," ujar Riyanto.

Riyanto menceritakan bahwa Jokowi dan keluarga berlangganan warung angkringannya sudah sejak lama. Bahkan jauh sebelum jadi Wali Kota Solo.

"Beliau (Pak Jokowi) jadi pelanggan angkringan saya sejak sebelum jadi wali kota. Sejak masih jadi pedagang kayu (mebel). Sering kita ngobrol sama beliau," ungkap Riyanto.

 

Joko Riyanto menunjukkan undangan pernikahan Kaesang Pangarep. (foto: gebrak.id)


Angkringan Si Jek (nama angkringan Riyanto) itu sendiri terletak di seberang Gedung Saba, yang dibangun Jokowi sebelum menjadi wali kota. Riyanto menuturkan, hingga kini gedung tersebut ramai disewa untuk umum. Bahkan hampir tiap hari ada yang pakai.

Di mata Riyanto, Jokowi dan keluarganya sangatlah rendah hati dan tawadhu sejak sebelum jadi wali kota. Bahkan, almarhum neneknya Kaesang, Bu Noto (ibunda Jokowi) sering mengajak cucu-cucunya yang masih kecil ke angkringan.

"Bu Noto sering bawa cucunya ke angkringan. Nah kalau Mas Gibran dan adiknya, Kahiyang, sering datang malam Minggu. Kalau Bapak (Jokowi), kita sering antar ke rumah. Bahkan sebelum jadi Presiden, sering makan angkringan di Gedung Saba, saya bawa sama gerobaknya," cerita Riyanto.

Karena itu, Riyanto merasa hubungannya dengan keluarga Jokowi terjalin amat baik. Hanya saja sejak menjadi Presiden RI, Jokowi sudah tidak pernah mampir. "Saya paham karena beliau sangat sibuk. Namun beliau selalu ingat dan ngundang saya," cetusnya.

Selain Riyanto, berbagai kalangan juga menjadi tamu undangan ngunduh mantu. Mulai dari pejabat negara, pejabat daerah, pengusaha, seniman, pemuda, hingga rakyat kecil. Juga akan ada hiburan pesta rakyat di sembilan titik Kota Solo.

 

(ark)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.