Ganjar Pranowo-Erick Thohir Unggul Mutlak dalam Simulasi Capres dan Cawapres 2024

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) dan Menteri BUMN Erick Thohir (foto: liputan6.com)

JAKARTA -- Duet Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir unggul dalam survei simulasi calon presiden (capres) dan cawapres 2024 yang digelar Indikator Politik Indonesia. Survei pada 1-6 Desember 2022 itu menunjukkan duet Ganjar dan Erick unggul mutlak jika dibandingkan pasangan lain.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, tingginya elektabilitas duet Ganjar-Erick tak terlepas peningkatan elektabilitas keduanya dibandingkan November 2022.

"Saat elektabilitas Ganjar naik, elektabilitas pasangan Ganjar-Erick juga naik," ujar Burhanuddin dalam keterangan kepada awak media, Kamis (4/1/2023).

Dalam simulasi tiga pasang, elektabilitas Ganjar-Erick bahkan nyaris menyentuh 40 persen. Duet Ganjar-Erick mencapai 38,6 persen. Unggul dibandingkan pasangan Anies-AHY (35,4 persen) dan Prabowo-Puan (19,8 persen).

Burhanuddin mengatakan, hasil survei juga menunjukkan kuatnya preferensi pemilih Ganjar untuk memilih Erick sebagai cawapres. Sekitar 18,9 persen dari pemilih Ganjar memilih Erick sebagai cawapres. "Basis Ganjar cenderung memilih Erick Thohir dan Ridwan Kamil," jelas dia.

Dari sisi elektabilitas, nama Erick dan Ganjar selalu masuk di daftar teratas. Ganjar selalu unggul di posisi pertama kandidat capres. Sementara Erick duduk di empat besar survei cawapres.

Survei Indikator menggunakan metode multistage random sampling. Total responden survei mencapai 1.220 responden dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Sedangkan margin of error survei mencapai 2,9 persen. Survei dilakukan secara tatap muka di seluruh provinsi di Indonesia.


(dpy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.