Zainudin Amali Mundur dari Posisi Menpora RI

Zainudin Amali mundur dari posisi sebagai Menpora RI. (foto: setkab.go.id)

JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali telah menyerahkan surat pengunduran diri ke Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) RI Pratikno di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (9/3/2023). Zainudin masih harus menghadap ke Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk menyampaikan surat resmi pengunduran dirinya itu pada Senin (13/3/2023).

"Pagi ini saya baru saja bertemu dengan Pak Mensesneg. Saya mengantarkan surat permohonan pengunduran diri saya dari posisi sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga," ujar Zainudin, Kamis (9/3/2023). "Dan tentu itu masih berupa surat. Memang saya masih harus bertemu dengan Bapak Presiden. Sekarang beliau sedang tidak ada, maka kemungkinan saya dijadwalkan hari Senin akan bertemu dengan Pak Presiden."

Zainudin pun meminta seluruh pihak untuk menunggu pengumuman dan keputusan Presiden Jokowi terkait posisinya sebagai Menpora nanti, termasuk juga soal siapa yang akan ditunjuk untuk menggantikannya. "Jadi teman-teman tanyakan kapan antar suratnya, hari ini, Kamis, 9 Maret, saya sudah antarkan, tinggal tunggu saja. Keputusan ada di Bapak Presiden," jelas dia.

Sebelumnya, Jokowi menyebut Menpora Zainudin Amali sudah mengajukan pengunduran diri dari jabatannya secara informal. Namun, ia mengatakan pengajuan pengunduran diri secara resmi belum diserahkan oleh Zainudin. "Secara resmi belum. Tertulis belum. Informal sudah," kata Jokowi usai peninjauan normalisasi Sungai Ciliwung, Jakarta, Selasa (21/2/2023).

Terkait pengganti Zainudin Amali sebagai Menpora, Jokowi enggan menyampaikannya. Ia mengatakan, calon pengganti Zainudin baru akan disampaikan setelah ada surat pengunduran diri secara resmi.

Sementara, Zainudin mengaku telah mendapatkan izin dari Presiden Jokowi untuk fokus bekerja membenahi sepak bola Indonesia setelah terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI. Menurut dia, Presiden Jokowi pun memahami keinginannya untuk berkonsentrasi membangun sepak bola nasional. Zainudin juga mengatakan, Jokowi telah mempersilakan dan memberikan izin kepadanya.

Sebab, menurut Zainudin, sebagai Menpora tidak etis hanya mengurusi salah satu cabang olahraga, yakni sepak bola. Karena itu, ia memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya saat ini. "Karena gak etis bagi saya sebagai Menpora yang mengurusi semua cabang olahraga kok hanya berfokus pada satu cabor, kan gitu kan. Itu akhirnya saya memutuskan, saya minta izin Bapak Presiden dan beliau mengizinkan," ujar dia.

Selain itu, Zainudin menyebut masih ada tugas besar yang harus dilaksanakannya, sekaligus mengawal Inpres Nomor 3 Tahun 2019 yang tengah dalam proses penyempurnaan, yakni terkait percepatan pembangunan persepakbolaan nasional. "Jadi saya masih tetap ada di lingkungan olahraga, tapi lebih fokus ke salah satu cabang olahraga."


(dpy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.