PPP Beri Sinyal Merapat ke PDIP yang Resmi Usung Ganjar Jadi Capres 2024

Bakal Capres 2024 dari PDIP Ganjar Pranowo dan Sandiaga Uno (kanan). (foto: net/rmol.id)

JAKARTA -- Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menunjukkan sinyal hendak bergabung dengan PDIP untuk mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) dalam Pilpres 2024. Sinyal itu tampak dalam keterangan tertulis PPP merespons langkah PDIP mengusung Ganjar.

Dalam keterangan singkat itu, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi awalnya mengatakan, partainya menghormati keputusan PDIP mengusung Ganjar. Baidowi lantas menyebut Ganjar adalah sosok yang bagus untuk diusung sebagai capres.

"Nama Ganjar memang cukup bagus sebagai capres dalam survei sejumlah lembaga," ujar Baidowi, kepada awak media, Jumat (21/4/2023).

Sebagai catatan, sejumlah lembaga survei dalam beberapa bulan terakhir memang mendapati Ganjar Pranowo sebagai satu dari tiga bakal capres dengan elektabilitas teratas.

Lebih lanjut, Baidowi mengatakan, nama Ganjar tak hanya unggul di survei, nama Gubernur Jawa Tengah itu juga beberapa kali muncuat di internal PPP. Sejumlah Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP beberapa kali mengusulkan agar DPP PPP mengusung Ganjar pada Pilpres 2024. "Dalam beberapa musyawarah kerja wilayah dan rapat pimpinan wilayah sejumlah DPW PPP menyebut nama Ganjar Pranowo sebagai bakal capres untuk diusung."

Kendati begitu, Baidowi tidak menyampaikan apakah DPP PPP bakal ikut mengusung Ganjar bersama PDIP. Sebab, sikap resmi PPP baru akan ditentukan saat musyawarah kerja nasional (mukernas) mendatang. "Penetapan capres dan cawapres PPP akan dilakukan pada mukernas," tegasnya.

PPP kini tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Partai Golkar dan PAN. KIB hingga kini belum menetapkan siapa capres yang hendak diusung. Belakangan, koalisi ini diisukan retak dan bakal bubar.

Di sisi lain, pengamat politik dan akademisi, Yumelda Sari, menyebut Ganjar Pranowo dan Menparekraf RI Sandiaga Uno merupakan pasangan ideal untuk capres dan calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024. Keduanya dinilai bisa saling melengkapi satu sama lain.

Adapun Sandiaga Uno sudah izin pamit kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk hengkang dari partai politik (parpol) tersebut. Sementara, juru bicara PPP, Usman M Tokan mengatakan, sejumlah tokoh akan bergabung dengan partainya. Di antaranya adalah Sandiaga Uno.


(dpy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.