Bos Maspion Group Markus Alim Siap Diperiksa KPK dalam Kasus Korupsi Eks Bupati Sidoarjo

Bos PT Maspion Group, Markus Alim. (foto: biografiku.com)


JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Dirut PT Indal Alumunium Industry, Markus Alim, pada Rabu (24/5/2023). Bos PT Maspion Group ini telah mengonfirmasi bakal hadir dalam pemeriksaan sebagai saksi kasus dugaan penerimaan gratifikasi yang menjerat eks Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah.

"Sesuai konfirmasi dari yang bersangkutan, benar hari ini akan hadir sebagai saksi perkara dugaan korupsi dengan tersangka SI," ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri, kepada awak media, dikutip dari Antara, Rabu (24/5/2023).

Ali tak menjelaskan apa yang akan didalami dari Markus. Ia hanya menyatakan, pemeriksaan itu akan dilakukan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan.

Sebelumnya, KPK kembali menetapkan Saiful Ilah sebagai tersangka dugaan penerimaan gratifikasi terkait pembangunan proyek infrastruktur di lingkungan Pemkab Sidoarjo. Lembaga antirasuah ini pun telah menahan Saiful.

Kasus tersebut merupakan pengembangan dari perkara dugaan suap pembangunan proyek infrastruktur di Pemkab Sidoarjo yang sebelumnya juga menjerat Saiful pada 2020 lalu. Kini, Saiful kembali harus mengenakan rompi oranye khas tahanan KPK.

Saiful diduga sering menerima gratifikasi dalam bentuk uang maupun barang selama menjabat sebagai Bupati Sidoarjo periode 2010-2015 dan 2016-2021. Pemberian itu disamarkan sebagai hadiah ulang tahun, uang lebaran, hingga fee karena ia menandatangani sidang peralihan tanah gogol gilir. Pihak yang memberi gratifikasi antara lain pihak swasta termasuk ASN di lingkungan Pemkab Sidoarjo dan Direksi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

KPK sebelumnya juga telah memeriksa Direktur Utama PT Santos Jaya Abadi, Soedomo Mergonoto, pada Senin (22/5/2023). Penyidik KPK mencecar bos Kopi Kapal Api itu terkait dugaan aliran uang yang diterima eks Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, dalam kasus gratifikasi.

 

(dpy



Baca juga artikel terkait ini:


- Bos Kopi Kapal Api Dicecar KPK Soal Dugaan Aliran Uang ke Mantan Bupati Sidoarjo

- KPK Panggil Bos Kopi Kapal Api Terkait Kasus Korupsi Mantan Bupati Sidoarjo

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.