BREAKING NEWS: Menteri Era Presiden Soeharto, Sarwono Kusumaatmadja, Meninggal Dunia di Malaysia

Sarwono Kusumaatmadja meninggal dunia di Penang, Malaysia, pada Jumat (26/5/2023) pukul 17.15 waktu Malaysia. (foto: ykan.or.id)



JAKARTA -- Mantan menteri di era Presiden RI Soeharto, Sarwono Kusumaatmadja, meninggal dunia di Penang, Malaysia, pada Jumat (26/5/2023) pukul 17.15 waktu Malaysia. Jenazah Sarwono yang meninggal di usia 79 tahun akan diterbangkan ke Indonesia pada Jumat malam ini.

Kabar meninggalnya Sarwono disampaikan oleh Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar Nurul Arifin. Nurul mengatakan, ia bersama Partai Golkar berbelasungkawa atas meninggalnya menteri era Soeharto tersebut.

"Innalilahi wainnailaihi rojiun. Kami turut belasungkawa mendalam atas wafatnya salah satu tokoh yang pernah menjadi sekjen Golkar di era Presiden Soeharto," kata Nurul kepada awak media, Jumat.

Nurul mengatakan, Sarwono merupakan sekjen sipil pertama di Golkar. Dalam kiprah politik, lanjut dia, Sarwono pernah menjadi sekertaris fraksi Golkar di usia 35 tahun. "Kita kehilangan tokoh Cerdas, organisator yang mumpuni. Selamat jalan Pak Sarwono, semoga keteladanmu terpatri di bangsa ini," jelasnya.

Politikus Golkar, Indra Jaya Piliang, juga menyatakan hal senada setelah mendapat kabar langsung dari anak almarhum. "Pak Sarwono Kusumaatmadja berpulang pukul 17.15 di Adventist Hospital, Penang," tulis Indra di akun media sosial-nya, Jumat.

Sarwono, pria yang lahir pada 24 Juli 1943, tersebut meraih gelar sarjana pada 1974 dari Jurusan Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB). Sebelumnya, Sarwono Kusumaatmadja menamatkan pendidikan tingkat atas di Kolese Kanisius.

Selain menjabat sebagai anggota DPR periode 1971-1988, Sarwono juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat Golkar pada 1983-1988.

Selain menjabat Menteri Negara Lingkungan Hidup pada Kabinet Pembangunan VI (1993-1998), ia juga menjabat Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara pada Kabinet Pembangunan V (1988-1993). Ia juga pernah menjadi anggota Partai Keadilan dan Persatuan (Indonesia) pada Pemilu 1999. Sarwono juga pernah terpilih dalam pemilu legislatif 2004 sebagai anggota DPD dari DKI Jakarta.

(dpy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.