Peringati Hari Pahlawan, Presiden Jokowi Pimpin Upacara Ziarah Nasional di TMP Kalibata

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). (Foto: setkab.go.id)

JAKARTA -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara ziarah nasional untuk memperingati Hari Pahlawan tahun 2023 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Jumat (10/11/2023). Upacara digelar sekitar pukul 08.10 WIB dan dihadiri oleh sejumlah pejabat negara.

Di antaranya yakni Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menko Polhukam Mahfud MD, MenPAN-RB Azwar Anas, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Koperasi Teten Masduki, Panglima TNI Yudo Margono, dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin tampak tiba di lokasi pada pukul 08.07 WIB. Mengawali upacara peringatan, dilakukan penghormatan kepada arwah para pahlawan. Kemudian terdengar suara sirine panjang untuk mengenang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta.

"Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, mengheningkan cipta dimulai," kata Jokowi dikutip dari Antara, Jumat (10/11/2023).

Presiden Jokowi kemudian melakukan penghormatan dengan meletakkan karangan bunga di Tugu TMP Kalibata Jakarta, tepat di bawah patung burung Garuda. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa untuk para pahlawan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Setelah mengakhiri upacara, Jokowi dan Ma’ruf Amin melakukan tabur bunga di makam para pahlawan.

Di antaranya di pusara Presiden ke-3 RI BJ Habibie, pusara almarhumah ibu negara Hasri Ainun Habibie, pusara almarhumah Ani Yudhoyono, pusara Wakil Presiden RI keempat almarhum Umar Wirahadikusumah, dan pusara pahlawan revolusi Abdul Haris Nasution.

 

(dpy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.