Gowes 7 Bulan, Warga Lampung Ini Berhasil Capai Mekkah untuk Ibadah Haji

Warga Lampung, Abdul Rahman Yuni Siswanto, naik haji ke Mekkah dengan naik sepeda. (Foto: Istimewa)

JAKARTA -- Abdul Rahman Yuni Siswanto tiba di Arab Saudi setelah perjalanan 7 bulan 3 hari dengan mengayuh sepeda. Pria asal Bandar Lampung itu memulai perjalanannya pada 10 September 2023 lalu dari kediamannya di Jalan Pangeran Antasari, Gang Mulya Indah, Bandar Lampung.

Pria usia 35 tahun itu bersyukur, setelah perjalanan melewati 11 negara akhirnya dirinya bisa menjejakan kaki di Tanah Suci.

"Alhamdulillah setelah perjalanan 7 bulan 3 hari dan melewati 11 negara, akhirnya saya tiba di Masjidil Haram pada Rabu 13 Maret 2024 ba'da Maghrib," kata Wanto, sapaan akrabnya, seperti dikutip dari Lampung Geh, Sabtu (16/3/2024).

Wanto mengisahkan sepanjang perjalanan, ia sempat mengalami beberapa kendala. Salah satunya pada saat hendak pengajuan Visa. Memang, di Asia Tenggara, sebagai warga negara Indonesia bebas visa. "Mulai membuat visa di India, Pakistan, Iran, Irak, Yordania, dan Saudi Arabia," jelas dia.

Menurut Wanto, selain sulitnya proses pengajuan visa, cuaca panas dan dingin juga turut menjadi kendala. Namun, hal tersebut tak membuat dirinya menyerah. "Saat masuk Arab Saudi satu hari sebelum puasa, jadi dari border imigrasi ke Kota Mekkah masih cukup jauh. Di situ kendala terberatnya cuaca panas, waktu puasa 14 jam dan kita harus terus goes."

Wanto melanjutkan, berpuasa di luar negeri seperti Arab Saudi berbeda dengan Indonesia. Pasalnya, ia harus menahan haus dan lapar selama 14 jam. "Sedangkan jika dibandingkan dengan kondisi di Indonesia waktu untuk menahan haus dan lapar adalah sekitar 13 jam," cetusnya.

Wanto memastikan akan menetap sampai dengan musim haji 1445 H. Ia pun berharap dapat kembali menunaikan ibadah ke Tanah Suci di tahun berikutnya. "Harapannya pada momen Ramadhan, semoga semua amal ibadah diterima oleh Allah SWT dan dapat kembali ke sini tiap tahunnya," kata dia menegaskan.


(nnn)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.