Survei Pemilih Muda di Pilpres 2024: Elektabilitas Ganjar, Prabowo, dan Anies Teratas

Elektabilitas Ganjar Pranowo (kiri), Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto (kanan) tertinggi di Pilpres 2024. (foto: afp, pemprov jateng, pemprov dki jakarta)

JAKARTA -- Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan menjadi tokoh-tokoh dengan elektabilitas tertinggi di kalangan anak muda untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Gambaran pilihan anak muda itu merupakan hasil survei terbaru dari Center for Strategic and International Studies (CSIS).

Ketua Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS Arya Fernandes mengatakan, dalam simulasi 14 nama, Ganjar berada di urutan pertama dengan elektabilitas 25,9 persen. Di urutan kedua ada Prabowo Subianto 19,2 persen, lalu disusul Anies Baswedan 18,1 persen, dan Ridwan Kamil 16,2 persen.

"Di bawah empat nama itu, elektabilitasnya di kalangan anak muda masih di bawah lima persen," kata Arya saat memaparkan hasil surveinya secara online, Senin (26/9/2022).

Tokoh dengan elektabilitas di bawah lima persen itu adalah Sandiaga Uno, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Andika Perkasa, Erick Thohir, Khofifah Indah Parawansa, Puan Maharani, Airlangga Hartarto, Muhaimin Iskandar, Salim Segaf Al-Jufri, dan Zulkifli Hasan.

Adapun dalam simulasi tujuh nama, lanjut Arya, tampak terjadi perubahan angka elektabilitas meski urutannya masih sama. Elektabilitas Ganjar menjadi 26,9 persen, Prabowo 20,1 persen, Anies 19,9 persen, lalu Ridwan Kamil 17,5 persen. Tiga nama lainnya tetap di bawah lima persen, yakni Sandiaga Uno, AHY, dan Puan.

Arya mengatakan, CSIS juga melakukan simulasi tiga nama karena tidak mungkin ada 14 ataupun tujuh calon presiden dalam gelaran Pemilu 2024. Dalam simulasi tiga nama, terjadi perubahan urutan.

Urutan pertama tetap Ganjar dengan elektabilitas menjadi 33,4 persen. Sedangkan urutan kedua ditempati Anies dengan elektabilitas 27,5 persen. Terakhir Prabowo dengan angka keterpilihan 25,7 persen.

"Ketika kami uji tiga nama, Pak Anies langsung melesat ke nomor dua. Berarti ini menunjukkan ada switching, perpindahan dukungan pemilih dari tujuh nama sebelumnya," jelas Arya.

Survei ini, lanjut Arsya, juga melakukan simulasi head to head. Sebab, ada kemungkinan Pilpres 2024 berlangsung dua putaran karena tiga nama teratas tidak satu pun memperoleh elektabilitas di atas 50 persen. Selain itu, ada kemungkinan juga Pilpres 2024 memang hanya dua calon.

Dalam simulasi head to head antara Anies versus Ganjar, Anies keluar sebagai pemenang dengan elektabilitas 47,8 persen. Sedangkan Ganjar mendapat elektabilitas 43,9 persen.

Pada simulasi head to head Ganjar versus Prabowo, Ganjar beroleh elektabilitas 47,2 persen dan Prabowo 45 persen. Adapun jika Anies dihadapkan dengan Prabowo, elektabilitas Anies mencapai 48,6 persen, sedangkan Prabowo 42,8 persen.

Survei CSIS ini khusus memotret persepsi anak muda. Populasi survei ini adalah penduduk Indonesia berusia 17-39 tahun. Survei yang digelar pada awal Agustus 2022 tersebut menggunakan metode multistage random sampling.

Jumlah sampel survei ini adalah 1.200 responden yang tersebar secara proporsional di 34 provinsi. Setelah dilakukan proses kendali mutu, data yang valid untuk dianalisis sebesar 1.192 sample. Margin of error survei ini sebesar 2,84 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.


(dpy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.