BREAKING NEWS: Pemikir dan Ulama Besar Berpengaruh, Dr Yusuf Qardhawi, Wafat

Dr Yusuf Qardhawi. (foto: aljazeera)

JAKARTA -- Umat Islam dunia kembali kehilangan salah satu ulama dan pemikir berpengaruh. Syekh Dr Yusuf Qardhawi, meninggal dunia di Qatar dalam usia 96 tahun.

Dikutip dari situs berbahasa Arab, Aljazeera.net, Qardhawi meninggal Senin (26/9/2022) pagi, dan akan dimakamkan di Qatar. Qardhawi lahir pada
pada 9 September 1926 di Provinsi Gharbiya, Mesir dan pernah tergabung dalam dewan ulama Al-Azhar Mesir, sebelum akhirnya memutuskan hijrah dan menetap di Qatar.

Penulis lebih 50 buku berbahasa Arab itu dikenal sebagai ulama dengan pemikiran Islam yang moderat. Pembelaannya terhadap perjuangan bangsa Palestina dan kekritisan pemikirannya membuat Pemerintah Mesir gerah dan beberapa kali coba menangkapnya namun gagal.

Dengan keputusan menetap dan menjadi warga negara Qatar, Qardhawi lebih leluasa melakukan dakwahnya. Termasuk melalui lembaga
Pendiri Persatuan Cendekiawan Muslim Internasional (IUMS), wadah yang ia dirikan.

Di Indonesia sendiri, pengaruh pemikiran Qardhawi cukup kuat khususnya di kalangan pesantren dan mereka yang pernah menuntut ilmu di Mesir dan negara-negara Timur Tengah.

Hingga wafatnya, Qardhawi banyak menerima berbagai penghargaan. Buku-bukunya juga banyak diterjemahkan ke berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia. 

 

(pdp)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.