Luar Biasa! Maroko Tim Pertama Afrika yang Lolos Semifinal Piala Dunia

Para pemain dan ofisial timnas Maroko sujud syukur usai lolos ke semifinal Piala Dunia 2022 Qatar. (foto: ap/Martin Meissner)


JAKARTA -- Timnas sepak bola Maroko menjalani pertandingan yang heroik saat mengalahkan Portugal 1-0 di babak perempat final Piala Dunia 2022 Qatar, Sabtu (11/12/2022). Kemenangan itu membuat Maroko lolos ke semifinal Piala Dunia dan akan menghadapi Prancis yang menekuk Inggris 2-1 di perempat final lainnya.

Dikutip dari berbagai sumber, Maroko pun menjadi negara Afrika pertama yang lolos ke semifinal dalam sejarah Piala Dunia yang digelar sejak 1930. Hebatnya, Maroko hanya kebobolan satu gol dalam enam pertandingan di Piala Dunia di Qatar.

Maroko mengalahkan tim-tim kuat Eropa, yakni Belgia, Spanyol, dan kini Portugal, dan juga menahan imbang Kroasia di fase grup, untuk lolos ke semifinal. Uniknya, Walid Reragui baru ditunjuk sebagai pelatih Maroko 100 hari lalu. Kini, pelatih berusia 47 tahun itu membawa timnya ke semifinal Piala Dunia.

Di lain pihak, untuk pertama kalinya, Portugal tersingkir dari perempat final Piala Dunia, setelah sebelumnya dua kali mencapai tahap ini pada 1966 dan 2006 melawan Inggris. Kekalahan ini membuat bintang Portugal Cristiano Ronaldo menangis usai laga karena mungkin ini Piala Dunia terakhir bagi striker yang kini sudah berusia 37 tahun

Meski demikian, Ronaldo mencatatkan rekor sebagai pemain dengan penampilan terbanyak di level internasional bersama Portugal dengan 196 pertandingan. 


(dkd)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.