Wah, Presiden Uni Emirat Arab MBZ akan Hadiri Pernikahan Kaesang

Gibran Rakabuming Raka (kanan) dan Presiden Uni Emirat Arab Mohammed bin Zayed (kiri). (foto: kanal youtube @berita surakarta)

SOLO -- Gibran Rakabuming Raka memastikan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed (MBZ) akan menghadiri pesta pernikahan adiknya, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, di Surakarta, Jawa Tengah, pada 11 Desember 2022. Oleh karena itu, Gibran mengaku sudah memesan hotel untuk MBZ.

Adapun undangan kepada Mohammed bin Zayed disampaikan oleh ayah Kaesang dan Gibran, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sewaktu sarapan usai meresmikan Masjid Sheikh Zayed di Surakarta November 2022 lalu.

"Undangan sudah kami kirim saat sarapan pagi dengan Pak Presiden UEA, kami sekalian memberikan undangan," kata Gibran Rakabuming, seperti dikutip Antara, Senin (5/12/2022).

Kehadiran MBZ ini dipastikan setelah Duta Besar UEA di Indonesia diundang mengikuti rapat koordinasi panitia pernikahan Kaesang dan Erina yang dipimpin oleh Presiden RI Jokowi di Surakarta akhir pekan lalu.

Gibran menyebut panitia juga sudah memetakan hotel-hotel di Kota Surakarta. Hal ini terkait dengan banyaknya tamu penting yang diundang di acara tersebut. Dalam pesta pernikahan Kasang-Erina tersebut, keluarga Jokowi mengundang mantan presiden RI sampai pimpinan partai politik dan duta besar.

Presiden RI Jokowi selama ini dikenal sangat akrab dengan MBZ. Itu terlihat usai meresmikan Masjid Raya Sheikh Al Zayed di Gilingan, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah, Senin (15/11/2022).

Turut mengikuti kegiatan makan pagi di area Sumber, Surakarta, tersebut ialah putra pertama Jokowi yang juga Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, putra kedua Jokowi Kaesang Pangarep, serta menantu Jokowi yang juga Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Jokowi dan Gibran sebelumnya menjemput langsung MBZ setibanya di Bandara Internasional Adi Somearmo, Boyolali, Jawa Tengah. Sepanjang perjalanan dari bandara menuju Masjid Sheikh Al Zayed, tampak masyarakat Surakarta antusias menyambut kedatangan kedua pemimpin negara itu.

Selain meresmikan Masjid Sheikh Al Zayed, Jokowi dan MBZ juga menanam pohon sala di pekarangan masjid. Dalam prosesi itu, keduanya meletakkan tanah dan menuangkan air ke lubang yang sudah ditanami dengan bibit pohon tersebut.

Peresmian Masjid Sheikh Zayed dilakukan di tengah rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali. Jokowi bertolak dari Bali ke Solo pada Ahad (14/11/2022) malam setelah mendarat di Pulau Dewata itu dari Kamboja untuk menghadiri KTT ASEAN sekaligus menerima mandat Keketuaan ASEAN Tahun 2023.

MBZ juga menelepon langsung Presiden RI Joko Widodo, Selasa (21/11/2022), untuk mengucapkan belasungkawa atas bencana gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat. Hal itu disampaikan Jokowi melalui unggahan akun Instagram @jokowi yang dipantau di Jakarta, Selasa (21/22/2022) malam.

"Menerima telepon dari sahabat, Presiden Persatuan Emirat Arab Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan, yang menyampaikan belasungkawa dan simpatinya atas bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur," demikian deskripsi pada unggahan pada akun Instagram Jokowi.

Jokowi dalam unggahannya menyampaikan, UEA siap membantu dalam penanganan korban gempa di Cianjur, Jawa Barat. Ia mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan oleh Presiden MBZ. Gempa magnitudo 5,6 terjadi di Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022) dan menyebabkan ratusan orang meninggal dunia.


(dkd)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.