Gus Yahya Cholil Sebut Sangat tak Sopan Jamaah yang Sawer Qoriah dengan Uang

KH Yahya Cholil Staquf. (foto: tvonenews.com)

JAKARTA -- Video seorang qori dan qoriah yang sedang membaca Alquran di hadapan jamaah disawer uang beredar dan viral pada awal 2023 ini. Sejumlah ulama telah menanggapi video tersebut dan berpendapat tindakan jamaah yang menyawer qori dan qoriah tidak patut

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf, turut menanggapi video seorang qori dan qoriah yang disawer uang. Gus Yahya Cholil menegaskan, menyawer uang ke qori dan qoriah adalah tindakan tidak sopan.

"Sangat tidak sopan, tolong dihentikan yang begitu-begitu, hormatilah Alquran," kata Gus Yahya Cholil kepada media massa di Kantor PBNU, Jakarta, Jumat (6/1/2023).

Gus Yahya Cholil meminta agar orang-orang menghormati Alquran dan tidak menyawerkan uang kepada orang yang sedang mengaji. Menurutnya, mungkin orang yang menyawerkan uang ke orang yang sedang mengaji sudah ditegur oleh ulama setempat karena tindakan itu tidak sopan.

Sebelumnya, viral seorang ustadzah sedang melantunkan ayat Alquran disawer jamaah laki-laki di panggung. Video itu viral di Tiktok dan Twitter, hingga menimbulkan kecaman di kalangan warganet.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Muhammad Cholil Nafis menilai, tindakan itu jelas sangat tidak patut.

"Ini cara yang salah dan tak menghormati majelis. Perbuatan haram dan melanggar nilai-nilai kesopanan. Hentikan acara dan perbuatan seperti ini," kata Cholil lewat akun Twitter, @cholilnafis, Kamis (1/5/2023).

Kiai Cholil juga meminta kepada penanggung jawab acara untuk bisa mencegah kejadian serupa terulang di kemudian hari. "Mohon ulama dan tokoh masyarakat menolak ini dan jangan menganggap ini tradisi baik. Jelas cara ini bertentangan dengan ayat-ayat yang dibaca qoriah," tegas dia.


(dkd)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.