Kiat Menciptakan Cash Flow Positif Agar Keuangan Sehat

Mengatur cash flow/ilustrasi. (foto: pixabay)

JAKARTA -- Setiap orang pasti mendambakan cash flow atau arus kas yang positif untuk keuangannya agar tetap sehat. Dengan arus kas positif, maka nantinya bisa lebih mudah mengatur tujuan finansial dan mencapai keinginan dengan lebih cepat.

Dikutip dalam siaran pers Bank Jago, Kamis (12/1/2023), perencana keuangan Philip Mulyana membagikan kiat bagi masyarakat agar lebih mudah menciptakan cash flow yang positif.

- Mencatat pengeluaran dan budgeting

Ini adalah hal terpenting untuk dilakukan, meskipun banyak yang merasa itu membosankan. Padahal, keduanya menjadi fondasi utama. Mencatat pengeluaran dapat mengingatkan setiap orang untuk menghindari overspending atau pengeluaran berlebih.

Langkah ini juga bisa mempermudah mengatur uang untuk memenuhi kebutuhan, setelah itu baru bisa memenuhi keinginannya.

- Mengkategorikan pengeluaran

Dengan melakukan pemisahan kategori pengeluaran nantinya membantu perencanaan keuangan atau budgeting di kemudian hari. Setelah bisa disiplin mencatat pengeluaran dengan baik, maka ini akan sangat membantu untuk budgeting lebih baik. Selanjutnya, tinggal mengikuti budget yang sudah dibuat supaya pengeluaran bisa ditekan turun.

Perencanaan finansial akan mudah dilakukan setelah mencatat pengeluaran karena bisa mengevaluasi kebiasaan berbelanjanya.

- Tak perlu terlalu ketat mengikuti perencanaan

Kadang ketika sudah memberi jatah sekian buat belanja online, tapi ternyata tak bisa. Itu tak masalah, budget mungkin bisa dinaikin sedikit pada bulan depannya. Tapi, review dulu. Budget belanja online mungkin bisa ditambahkan dengan mengambil budget dari kategori pengeluaran lain.

Dengan menerapkan kebiasaan budgeting seperti ini, maka siapa saja bisa menyeimbangkan kebutuhan hidupnya dan menciptakan keuangan yang sehat.


(dkd)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.