Presiden RI Jokowi Optimistis Sektor Pariwisata akan Bangkit dan Pulih

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). (foto: setkag.go.id)

 

JAKARTA -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) optimistis sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia akan kembali bangkit dan pulih lebih kuat setelah menghadapi pandemi Covid-19 dan berbagai tantangan lainnya. Jokowi mengatakan, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kembali sektor pariwisata.

Upaya-upaya itu antara lain dengan membenahi fasilitas dan infrastruktur pariwisata, meningkatkan transportasi dan mempermudah konektivitas, serta menyiapkan sumber daya manusia (SDM) dan akomodasi.

“Saya yakin dengan berbagai upaya yang telah kita lakukan, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan bangkit dan pulih lebih kuat,” kata Jokowi dalam sambutannya di peluncuran Kharisma Event Nusantara Festival 2023, dikutip dari Antara pada Minggu (29/1/2023).

Menurut Jokowi, tahun ini pun akan menjadi momen bagi kebangkitan pariwisata Indonesia. Momentum ini, lanjut dia, harus dimanfaatkan untuk menggenjot pertumbuhan sektor pariwisata dan meningkatkan angka wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Karena itu, Presiden RI ini mengajak seluruh pihak untuk berkolaborasi dan bekerja sama memperbaiki kualitas destinasi wisata, memperbanyak atraksi dan kegiatan yang menarik, serta menampilkan inovasi dan kreativitas untuk meningkatkan daya saing.

Jokowi menyebut, pada tahun ini akan terdapat 110 Kharisma Event Nusantara dan 65 acara olahraga, musik, serta creative event calendar dari seluruh destinasi di berbagai daerah. Ia yakin, acara ini akan menjadi magnet untuk menarik sebanyak-banyaknya kunjungan wisatawan baik nusantara dan mancanegara.

“Event-event unik dengan spirit keberlanjutan ini akan menjadi promosi yang baik untuk meningkatkan citra pariwisata Indonesia di mata wisatawan nusantara dan juga mancanegara,” kata Jokowi menegaskan.

 

(dvr)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.