Survei Capres 2024, UniTrend: Elektabilitas Ganjar Ungguli Tokoh Lain

Ganjar Pranowo, Capres 2024. (foto: rmol.id)


SLEMAN -- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menjadi tokoh yang paling banyak dipilih responden sebagai calon presiden (capres) 2024 dengan 37,7 persen. Diikuti oleh mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dengan 23,7 persen responden, serta Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, di posisi ketiga dengan 14,5 persen. Sementara, responden yang menjawab tidak tahu hanya 0,7 persen.

"Tingginya elektabilitas Ganjar Pranowo (37,7 persen) yang jauh melebihi angka elektabilitas partainya sendiri (PDIP dengan 17,5 persen) menunjukkan sebenarnya masih ada personalisasi politik di Indonesia, lemahnya partai, serta rendahnya kepercayaan publik terhadap partai," kata Project Manager UniTrend, Ignatius Ardhana Reswara, dalam konferensi pers, seperti dikutip Antara, Senin (30/1/2023).

Hal tersebut berbeda secara signifikan dengan hasil survei yang menanyakan partai mana yang akan dipilih responden. "Ketika dibandingkan dengan partai politik, yang menjawab tidak tahu sebanyak 17,5 persen, ini sangat jauh sekali ketika kita bandingkan dengan capres," jelas Ardhana.

Hal serupa terjadi ketika Anies Baswedan diusung oleh Nasdem untuk mencalonkan diri sebagai presiden di Pilpres 2024. Elektabilitas Anies jauh lebih tinggi daripada elektabilitas Partai Nasdem yang hanya 6,7 persen.

Sebelumnya, mayoritas responden masih memilih PDIP sebagai partai yang akan dipilih pada Pemilu 2024. "Dari hasil survei, publik masih memilih PDIP sebagai partai yang berada di posisi teratas dengan 17,5 persen," kata Ardhana.

Kemudian, lanjut Ardhana, diikuti Partai Gerindra (13,4 persen), PKS (11,6 persen), dan Demokrat (9,1 persen).  


(dkd)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.