Gibran Minta Kaesang Sowan ke Elite Partai jika Masuk Dunia Politik

Putra Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep (kanan). (foto: instagram/@kaesang)

SOLO -- Wali Kota Solo Gibran Rakabuming memberikan saran kepada adik bungsunya Kaesang Pangarep untuk mengunjungi para senior di dunia politik. Ini sebelum Kaesang terjun menjadi eksekutif.

"Ya Intinya kalau masih baru itu harus sowan ke siapa-siapa semua. Ketua-ketua umum, senior partai, mantan-mantan pemimpin semuanya, ya senior-senior," kata Gibran kepada awak media di Balai Kota Solo, dikutip Antara, Senin (30/1/2023).

Ketika disinggung apakah keputusan Kaesang Pangarep terjun ke dunia politik mendapatkan restu dari bapaknya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Gibran enggan menjawab. Ia hanya mengatakan untuk menanyakan hal tersebut langsung kepada Kaesang. "Tak tahu, tanya Kaesang," katanya.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan, dirinya memberi kebebasan kepada putra bungsunya, Kaesang Pangarep, yang sempat menyampaikan keinginan untuk terjun ke dunia politik. Ia juga mengaku, keinginan tersebut sudah sempat disampaikan Kaesang secara pribadi.

"Sudah ngomong ke saya, tapi saya selalu memberi kebebasan kepada mereka. Saya tidak mempengaruhi, saya tidak memutuskan," kata Jokowi kepada awak media di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu (29/1/2023).

Jokowi menegaskan, tidak akan ikut campur atas keputusan anak-anaknya terkait dunia politik, termasuk Kaesang yang baru saja melangsungkan pernikahan dengan Erica Gudono pada 10 Desember 2022. Ia menilai, anaknya sudah dewasa dan bisa bertanggung jawab atas keputusan yang telah dibuat. "Mereka sudah punya keluarga sendiri, harus bertanggung jawab, memutuskan sendiri, dan saya enggak akan ikut-ikut." 


(dkd)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.