Empat Cara Menjaga Kesehatan Saat Cuaca Ekstrem

Menjaga kesehatan/ilustrasi. (foto: pixabay)

JAKARTA -- Tubuh manusia biasanya rentan terserang berbagai penyakit karena menurunnya daya tahan tubuh di tengah cuaca ekstrem tidak menentu yang terjadi akhir-akhir ini. Perubahan cuaca yang tiba-tiba dari panas ke hujan atau sebaliknya bisa menyebabkan kualitas udara menjadi buruk dan berisiko membuat seseorang terkena flu, batuk, hingga demam.

Berikut empat cara dari Vitacimin, Rabu (8/3/2023), yang bisa dilakukan guna menjaga kesehatan pada saat cuaca ekstrem seperti saat-saat ini.

1. Istirahat yang cukup

Bekerja dan bermain seharian pasti membuat kelelahan dan berisiko menurunkan imun tubuh. Untuk itu, penuhi waktu tidur yang cukup setiap harinya mulai dari tujuh hingga delapan jam. Dengan istirahat yang cukup, tubuh akan lebih rileks di pagi hari dan siap beraktivitas lebih optimal.

2. Sempatkan olahraga

Rebahan memang lebih enak dibanding harus jogging di pagi hari. Namun, 30 menit jogging bisa membantu membakar 190 kalori. Selain membuat tubuh sehat dan membantu menyegarkan tubuh, olahraga juga bisa membakar kalori berlebihan yang ada di tubuh.

3. Belajar makan sayur dan buah

Nasi padang dan gorengan boleh saja jadi menu makanan favorit, tapi ingat penuhi asupan serat, vitamin, dan mineral penting lainnya dari buah dan sayur juga. Ada kandungan nutrisi penting pada buah dan sayur yang bisa membantu melawan penyakit. Pastikan mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari. Mulai ganti camilan tinggi garam dengan beberapa porsi buah atau sayur supaya imun tubuh tetap terjaga.

4. Penuhi asupan vitamin C harian

Yang terpenting adalah kebutuhan vitamin C selalu terpenuhi supaya tubuh tetap sehat untuk bantu meningkatkan kadar antioksidan di dalam darah hingga 30 persen. Jika kadar antioksidan sudah tercukupi, tubuh akan mampu mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas. Manfaat lain yang bisa didapatkan dengan rutin mengkonsumsi vitamin C yaitu bisa menurunkan risiko penyakit yang disebabkan oleh hipertensi. Salah satunya, penyakit jantung.

Sumber vitamin C alami bisa didapatkan dari berbagai sayur dan buah mulai dari jeruk, lemon, jambu, stroberi, tomat, hingga paprika. Selain itu, memenuhi kebutuhan vitamin C harian bisa dibantu dengan suplemen.


(dpy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.