Sindrom Tourette-nya Memburuk, Lewis Capaldi Bisa Pensiun dari Dunia Musik

Lewis Capaldi. (foto: instagram/@lewiscapaldi)


JAKARTA -- Penyanyi asal Skotlandia Lewis Capaldi pertama kali mengungkapkan mengidap sindrom Tourette saat siaran langsung di akun Instagramnya pada September 2022. Ia mengaku sering mengalami tic, meskipun tidak menyadarinya sebelum didiagnosis. Tic adalah ucapan atau gerakan berulang yang di luar kendali.

"Hal terburuknya adalah ketika saya bersemangat, saya mengalami tic, ketika saya stres, saya mengalaminya, ketika saya bahagia, saya mengalaminya. Itu terjadi setiap saat," kata Capaldi dilansir dari NME, Senin (3/4/2023).

Pada konser baru-baru ini di Frankfurt, Jerman, para penggemar Capaldi mengambil-alih lagu Someone You Loved setelah ia mulai mengalami tic di tengah lagu.

Capaldi mengatakan, ia bisa saja pensiun dari dunia musik jika sindrom Tourette yang dideritanya memburuk. Ia menyebut hal ini sebagai kemungkinan yang sangat nyata. Apalagi, ia mengungkapkan, mengaransemen musik dan menulis lagu, serta tampil di atas panggung membuat gejalanya semakin parah.

"Menciptakan musik menyebabkan kekambuhan Tourette saya, jika tidak, saya bisa baik-baik saja selama berbulan-bulan, jadi ini adalah situasi yang aneh," ucap Capaldi dalam sebuah wawancara dengan The Times. "Yang pasti jika kondisi saya semakin memburuk, saya akan berhenti. Ada kemungkinan saya harus meninggalkan industri musik."
 

Capaldi mengatakan, ia mencoba untuk mengatasi masalah ini dengan mengalihkan fokus dan mencoba beberapa kegiatan. Namun, karena salah satu kegiatan favoritnya adalah bermain musik, ia masih serung memainkan gitarnya. "Saya tahu, ini sangat kontradiktif."

Capaldi akan menjelaskan lebih rinci tentang bagaimana sindrom Tourette memengaruhi produktivitasnya dalam bermusik lewat film dokumenter Netflix yang berjudul "How I'm Feeling Now". Dokumenter ini akan tayang perdana di platform streaming tersebut pada Rabu (5/3/2023).

 

(dpy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.