Presiden Jokowi Ajak Semua Pihak Sambut Pemilu 2024 dengan Dewasa dan Suka Cita

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). (foto: setkab.go.id)

JAKARTA -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh pihak menyambut Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dengan kedewasaan dan suka cita. Ia mengingatkan untuk selalu memegang teguh dan nilai-nilai Pancasila agar Pemilu 2024 berjalan lancar dan adil.

"Mari kita menyambut pesta demokrasi Pemilu 2024 dengan kedewasaan, dengan suka cita, dengan memegang teguh dan nilai-nilai Pancasila, memperjuangkan Indonesia maju yang adil yang sejahtera serta berwibawa di kancah dunia," ujar Jokowi dalam amanat upacaranya saat memimpin peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Monas, Jakarta, Kamis (1/6/2023).

Jokowi juga mengingatkan seluruh rakyat menjunjung tinggi toleransi, persatuan, dan gotong royong. Nilai-nilai itu adalah kunci utama membangun bangsa yang kokoh. "Oleh sebab itu, saya mengajak kita semuanya untuk menolak ekstremisme, menolak politisasi identitas, menolak politisasi agama," tegas dia.

Dalam peringatan Hari Lahir Pancasila itu, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman ikut bertindak sebagai pembaca doa. Anwar berdoa agar bangsa Indonesia dapat terus menjaga dan merawat Pancasila.

Anwar juga memohon kepada Allah SWT agar menghindarkan Indonesia dari kedzaliman, ketidakadilan, ketidakadaban, dan perpecahan. "Jauhkan dari bumi kami, saling curiga, saling fitnah, dendam, dan permusuhan," ujarnya.

Dalam doanya, adik ipar Presiden Jokowi ini juga memohonkan agar dapat dibantu untuk tetap berdiri tegak membela Indonesia. "Ajarkanlah hati dan langkah kami berlaku adil untuk semua tanpa membeda-bedakan."


(dpy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.