Sekum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti Imbau Warga Muhammadiyah Sembelih Hewan Kurban Bareng Pemerintah

Sekretaris Umum (Sekum) PP Muhammadiyah, Prof Abdul Mu'ti. (foto: mu.tv)

JAKARTA -- Sekretaris Umum (Sekum) PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti mengimbau seluruh warga Muhammadiyah agar menyembelih hewan kurban pada Kamis (29/6/2023), sebagaimana yang telah ditetapkan oleh pemerintah RI. Imbauan itu disampaikan oleh Abdul Mu'ti mengingat Kamis besok merupakan hari Tasyrik.

Pada hari Tasyrik yang jatuh setelah tanggal 10 Dzulhijjah merupakan sunnah bagi umat Islam untuk melaksanakan pemotongan hewan kurban.

"Kami sekali lagi mengimbau bagi umat Islam yang sudah ber-Idul adha hari ini untuk penyembelihan kurbannya dapat dilaksanakan besok selama hari Tasyrik. Karena itu pun juga boleh sesuai dengan hadist Nabi," kata Mu'ti usai menjadi khotib di Masjid Al Huda Muhammadiyah, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (28/6/2023).

Namun demikian, lanjut Mu'ti, bukan berarti penyembelihan kurban dilarang pada Rabu ini untuk warga Muhammadiyah. Itu boleh saja dilakukan asal keperluan tersebut memang mendesak.

"Tetapi toh kalau ada yang menyembelih hari ini mungkin tidak seluruhnya, sebagian saja karena mungkin itu untuk keperluan yang sangat immediate," jelas Mu'ti.

Jika tidak kepentingan mendesak, sambung Mu'ti, maka PP Muhammadiyah menganjurkan agar penyembelihan kurban dibarengi dengan pemerintah.

Lebih lanjut, Mu'ti juga menyikapi soal perbedaan waktu perayaan IdulAdha antara pemerintah dengan Muhammadiyah tahun ini. Menurut dia, perbedaan tersebut bukan hanya terjadi di Indonesia melainkan untuk seluruh umat Muslim di dunia.

"Jadi ini bukan perbedaan head to head antara Muhammadiyah dengan pemerintah karena yang Shalat Idul Adha hari ini bukan hanya Muhammadiyah. Banyak juga umat Islam yang juga Shalat Idul Adha pada hari ini," ujar Mu'ti menjelaskan. 


(dpy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.