Negara Manakah yang Pertama dan yang Terakhir Merayakan Tahun Baru 2023?

Kiribati (kiri) termasuk negara pertama yang merayakan tahun baru dan Samoa Amerika (kanan) menjadi negara terakhir yang merayakan tahun baru. Sebenarnya jarak keduanya berdekatan, namun terpisah batas penanggalan internasional. Kiribati di utara dan Samoa Amerika di sisi selatan. (foto: twitter)


Berbagai negara di seluruh dunia sedang mempersiapkan diri untuk menyambut tahun baru 2023. Sejumlah negara dan kota juga tengah mempersiapkan pesta kembang api meriah setelah dua tahun terakhir terkungkung era pandemi Covid-19.

Di satu sisi, lantaran perbedaan zona waktu muncul pertanyaan negara mana yang pertama kali merayakan tahun baru? Atau negara mana yang terakhir merayakan tahun baru?

Melansir dari Metro, belum lama ini, negara pertama di dunia yang pertama kali merayakan Tahun Baru 2023 adalah negara-negara di Pasifik. Negara-negara tersebut yakni Tonga, Samoa, dan Kiribati atau Christmas Island. Melansir situs web time and date, Kiribati akan menjadi negara tercepat yang melangkah ke tahun baru 2023.

Kiribati memiliki perbedaan tujuh jam dengan Waktu Indonesia Barat (WIB). Jika di Jakarta saat ini misalnya pukul 18.00 WIB pada Sabtu (31/12/2022), maka di Kiribatu waktu menunjukkan pukul 01.00 pada Minggu (1/1/2023).

Setelah mengetahui negara pertama yang merayakan tahun baru, lalu negara mana yang terakhir merayakan pergantian tahun? Tempat terakhir yang menyambut tahun baru 2023 adalah pulau-pulau kecil sekaligus terpencil di Amerika Serikat (AS).

Pulau Baker dan Pulau Howland di AS akan menyaksikan momen tahun baru 2023 pada Minggu (1/1/2023) pukul 19.00 WIB. Namun, seperti dilansir dari The Sun, karena pulau ini tidak berpenghuni, jadi tidak ada perayaan apa pun di sana.


(dpy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.