Presiden Jokowi Sebut KSAL yang Baru, Muhammad Ali, Punya Rekam Jejak yang Bagus

Laksamana TNI Muhammad Ali dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/12/2022). (foto: youtube sekretariat negara)

JAKARTA -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah melantik Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/12/2022). Jokowi menyampaikan, Muhammad Ali ditunjuk menjadi KSAL dengan mempertimbangkan rekam jejaknya.

Ali sebelumnya pernah menjabat sebagai Gubernur Akademi Angkatan Laut dan juga Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I. Jokowi pun menilai, Ali punya rekam jejak yang bagus dan kemampuan kepemimpinan yang mumpuni.

"Beliau ini kan pernah di Gubernur Akademi Angkatan Laut, pernah di Pangkoarmada, pernah di Pangkogabwilhan. Pengalaman rekam jejak itu menjadi selalu saya lihat dan beliau memiliki leadership yang baik," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Rabu (28/12/2022).

Usai melantik KSAL, Jokowi pun berpesan agar Ali fokus menjaga kedaulatan negara utamanya di wilayah perbatasan baik di laut maupun pulau-pulau perbatasan. “Tadi kan saya sampaikan perbatasan, yang berkaitan dengan perbatasan, utamanya laut dan perbatasan daratan,” jelas dia.

Sementara, KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan, akan melanjutkan tugas dan kebijakan yang sebelumnya dilaksanakan oleh Yudo Margono. Selain itu, ia juga akan menyelesaikan sejumlah pekerjaan rumah yang belum rampung.

“Pak Yudo sudah banyak mengembangkan atau membangun kekuatan angkatan laut dan ini saya teruskan kebijakan beliau, akan saya teruskan dan mungkin ada sedikit pengembangan itu kita lihat hal-hal yang belum selesai, kita selesaikan,” kata Ali.

Ali mengakui, potensi kerawanan di laut yang harus diantisipasi yakni kegiatan ilegal dan juga penyelundupan melalui jalur laut. Selain itu, ia juga mewaspadai potensi cuaca ekstrem pada akhir tahun ini.


(dpy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.