Capres 2024 Mulai Ramai Diperbincangkan, Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir: Calonnya Saja Belum Jelas


Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir. (foto: suaramuhammadiyah.id)

JAKARTA -- Ketua Umum (Ketum) PP Muhammadiyah Haedar Nashir tak habis pikir terhadap orang-orang yang telah ramai membicarakan Pemilu 2024. Ia mengingatkan, calon untuk Pemilu 2024 itu belum jelas sehingga energi yang ada saat ini jangan dihabiskan untuk hal tersebut.

"Pemilu 2024 itu sudah ada yang menyelenggarakan, sudah ada pemainnya, partai politik. Nah, kita tentu menjadi kekuatan yang konstruktif, kritis, dan sebagainya. Tetapi jangan dibawa warga kita ini, yang lain saja belum ke situ kok sudah mikir pemilu, mikir calon, dan macam macam," kata Haedar saat menyampaikan sambutan usai menandatangani MoU antara Muhammadiyah dan Kementerian Kesehatan RI di kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, Selasa (3/1/2023).

Haedar menilai, orang yang saat ini sibuk memikirkan calon pada Pemilu 2024, berarti terlalu banyak waktu luangnya. "Biasanya orang yang sibuk-sibuk seperti itu, kerjaannya kurang. Orang sibuk itu nggak mikir yang gitu-gitu. Habis energi, apalagi sudah ramai antara sesama kita tentang calonnya. Calonnya saja belum jelas" tegasnya.

Karena itu, Haedar mengingatkan, tugas menyiapkan sumber daya manusia (SDM) itu jauh lebih berat. Lembaga pendidikan tinggi Muhammadiyah, lembaga pendidikan dasar dan menengah, baik Majelis Dikdasmen dan 'Aisyiyah, punya tantangan yang berat. Sebab, upaya penyiapan SDM ini bersifat jangka panjang.

"Ini long term. Perjalanannya panjang. Oke pemilu kita kawal, berjalan sebagaimana jadwalnya. Kami kan sudah bilang, Pemilu sesuai jadwal, tidak tambah dan tidak kurang. Karena itu sudah menjadi kepastian sistem kita. Dan Muhammadiyah senang yang pasti-pasti. Idul Adha dan Idul fitri itu sudah pasti, satu tahun sebelumnya sudah tahu. Jangan nunggu hari H, susah," jelas Haedar.

Pemilu 2024 akan diikuti oleh 18 partai politik (parpol). Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pun sudah menetapkan nomor urut bagi parpol peserta Pemilu 2024.

Jadwal pendaftaran calon presiden dan wakil presiden 2024 baru dibuka pada 19 Oktober sampai 25 November 2023. Untuk pemilihan calon presiden dan calon wakil presiden (capres dan cawapres), berlangsung pada 14 Februari 2024. Jadwal pendaftaran calon anggota legislatif baik di kursi DPR, DPRD provinsi, kota/kabupaten, baru dibuka pada 24 April sampai 25 November 2023.

 

(dkd)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.