Diisukan Mundur, Johnny Plate: Saya Masih Menkominfo RI

Menkominfo RI Johnny G Plate. (foto: seskab.go.id)

JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G Plate menyangkal informasi soal dirinya mundur dari jabatannya. Johnny menyampaikan hal itu melalui pesannya kepada awak media usai ramai dikabarkan mengundurkan diri.

"Mengingat informasi terkait dengan tugas kami sebagai Menkominfo RI yang telah beredar secara luas di masyarakat khususnya dalam media sosial, maka dapat kami sampaikan bahwa hingga saat ini kami masih melaksanakan tugas dan fungsi yang dipercayakan oleh Bapak Presiden RI sebagai anggota kabinet Indonesia Maju," ujar Johnny kepada awak media, Kamis (5/1/2023).

Johnny menyerahkan seluruh keputusan terkait jabatan menterinya kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), termasuk jika Jokowi akan mencopotnya dari jabatan sebagai menteri. "Perlu ditegaskan kembali bahwa membentuk dan mengubah atau mengganti anggota kabinet sepenuhnya menjadi kewenangan prerogatif Presiden RI sesuai konstitusi Indonesia."

Sekretaris Jenderal Partai NasDem ini mengatakan, setiap partai politik (parpol) telah memahami hak dan kewenangan presiden dalam perombakan kabinet, termasuk Nasdem. "Marilah kita bersama menjaga agar informasi yang didistribusi dan ditransmisikan kepada masyarakat terlebih dahulu harus dikonformasi agar akurasinya dapat dipertanggung jawabkan dan demi mencerdaskan masyarakat," tegasnya.

Sebelumnya, isu tentang rencana mundurnya Menkominfo berhembus usai Presiden Jokowi beberapa kali mengisyaratkan akan melakukan perombakan kabinet. Selain itu, isu mundurnya Johnny juga semakin kencang setelah penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung menetapkan tiga tersangka perkara dugaan korupsi proyek penyediaan infrastruktur base transceiver station (BTS) di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Rabu (4/1/2022). Salah satu tersangka adalah Anang Achmad Latif (AAL) yang menjabat Direktur Utama Bakti Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem pun membantah kabar yang menyebut Sekjen Partai Johnny G Plate mundur sebagai Menkominfo. Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali. Ia juga mempertanyakan pihak yang menyebarkan isu tersebut. "Tak benar itu. Yang mengedarkan siapa? Yang goreng-goreng siapa lagi itu? Bilang, yang enak digoreng itu tahu, tempe bukan berita bohong!" 


(dpy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.