Video Viral Hakim Bocorkan Vonis Ferdy Sambo, KY Masih Telusuri

 

Vonis Ferdy Sambo. (foto: tangkapan layar instagram)

JAKARTA -- Komisi Yudisial (KY) RI masih mendalami kabar hakim ketua kasus pembunuhan berencana Brigadir J, Wahyu Iman Santoso, membocorkan vonis bagi terdakwa Ferdy Sambo. Kabar ini berembus lewat video yang berseliweran di dunia maya.

KY menyampaikan telah mendapati video yang sedang viral tersebut. Hanya saja proses penelusurannya akan memakan waktu.

"KY sudah memperoleh kedua video dimaksud. Kami butuh waktu untuk melakukan penelusuran," kata Juru Bicara KY Miko Ginting seperti dikutip dari Republika, Kamis (5/1/2023).

Miko mempersilakan publik yang mengetahui informasi terkait hal ini agar melapor ke KY. Sehingga kebenaran atas video ini dapat segera diperoleh. Miko juga menyampaikan KY akan menelusuri kebenaran dari video dan caption (keterangan) tersebut. Sebab ada tiga hal terkait hal tersebut.

"Yaitu ada videonya, ada captionnya yang secara sekilas tidak saling berhubungan, dan ada suara pihak lain selain hakim," jelas Miko.

Ke depannya, Miko menjelaskan, tindak lanjut KY atas video viral ini bisa pada dua area. Yaitu pengawasan hakim dari dugaan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku hakim atau advokasi hakim dari upaya merendahkan kehormatan hakim. "Kita lihat bagaimana hasil penelusurannya nanti," ucap dia.

Sebelumnya, ada dua video berisi seseorang yang viral disebut Wahyu. Video pertama menampilkan seorang pria yang diklaim sebagai hakim Wahyu duduk di sofa sambil menelepon seseorang. Wahyu disebut menghubungi Kabareskrim Komjen Pol Agus Andrianto sekaligus membocorkan bakal menjatuhkan vonis seumur hidup terhadap Sambo di video itu.

Kemudian di video kedua, pria yang disebut Wahyu mengenakan baju batik, celana abu-abu, dan sepatu hitam sedang curhat dengan seorang wanita. Dalam video kedua itu, muncul suara perempuan yang merespons ucapan Wahyu.

 

(dpy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.