Ini 4 Manfaat Konsumsi Minuman Isotonik Secara Rutin

Minuman isotonik/ilustrasi. (foto: shutterstock)


Isotonik merupakan jenis minuman yang digadang-gadangkan dapat membantu mengembalikan cairan. Apalagi untuk orang yang sering beraktivitas di luar ruangan di tengah cuaca panas. Saat orang melakukan kegiatan di luar ruangan cairan dalam tubuh dapat berkurang secara drastis. Kekurangan cairan membuat tubuh seseorang menjadi dehidrasi.

Dehidrasi sendiri akan mempengaruhi peredaran darah sehingga volume dan tekanannya berkurang. Efek secara langsung dehidrasi yang terjadi pada tubuh mulai dari pusing, lemas, kebingungan, hingga lelah. Salah satu cara untuk mengembalikan cairan tubuh agar kembali segar setelah dehidrasi adalah minuman isotonik.

Minuman isotonik memiliki kandungan elektrolit yang menyerupai garam di dalam tubuh. Karena hal tersebut, minuman isotonik dapat dengan cepat mengganti gula dalam tubuh yang hilang. Air kelapa merupakan minuman isotonik alami yang banyak diandalkan oleh masyarakat. Sehingga masyarakat banyak mencari keberadaan air kelapa saat dehidrasi.

Selain menghilangkan dehidrasi dengan cepat, minuman isotonik dapat mendatangkan manfaat bagi tubuh. Terlebih jika cuaca sedang panas dan tubuh kehilangan banyak cairan. Berikut beberapa manfaat yang bisa dirasakan saat mengkonsumsi minuman elektronik.

1. Cepat Menyerap

Minuman isotonik memiliki kandungan air, garam, dan karbohidrat di dalamnya. Berbagai kandungan ini serupa dengan konsentrasi darah pada tubuh. Sehingga cairan isotonik sangat mudah memasuki aliran darah dan menyerap dalam tubuh daripada minuman lainnya. Tubuh akan lebih cepat pulih dari dehidrasi saat mengkonsumsi cairan isotonik.

2. Mengembalikan Tenaga

Lantaran mengandung berbagai zat, minuman isotonik dapat membuat tubuh kembali bertenaga. Terutama kandungan karbohidrat dan gula di dalam cairan elektrolit yang mengembalikan tenaga dengan cepat. Oleh karena itu orang dengan aktivitas padat dan di luar ruangan, banyak yang mengkonsumsi minuman isotonik. Sebab selain membuat tenaga cepat pulih, tubuh menjadi lebih segar saat minum cairan isotonik.

3. Beda dengan Minuman Berenergi

Meski memiliki efek sama sama membuat segar, minuman isotonik tidak sama dengan minuman berenergi. Minuman isotonik mengandung banyak zat yang diperlukan oleh tubuh, seperti kandungan karbohidrat, mineral, garam, gula hingga elektrolit. Sedangkan minuman berenergi, selain mengandung zat yang bermanfaat juga terdapat zat yang tidak digunakan tubuh. Misalnya kafein, taurin, guarana, keratin bahkan zat adiktif untuk menambah kerja tubuh. Namun beberapa zat di minuman berenergi justru tidak diperlukan oleh tubuh.

4. Menjaga Keseimbangan Tubuh

Cairan yang berada di dalam tubuh dapat berkurang keseimbangannya karena berbagai aktivitas. Kandungan zat elektrolit dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang karena aktivitas. Zat-zat seperti sodium, potasium, kalsium, magnesium dapat kembali tergantikan dengan meminum cairan isotonik. Hal tersebut membuat cairan di dalam tubuh tetap terjaga dan seimbang.

Beberapa merk minuman isotonik telah beredar di masyarakat, salah satu di antaranya adalah YUZU Isotonic. Dalam sebuah kesempatan, Margareta Sianne selaku Brand Executive YUZU Isotonic mengungkapkan, produk minuman isotonik perusahaannya sangat menjaga kualitas. Hal ini dilakukan untuk menjaga kandungan yang terdapat dalam minuman isotonik tetap terjaga hingga sampai ke tangan konsumen.

“YUZU Isotonic ini memang dikemas dengan teknologi canggih karena kita menjaga kualitas serta cita rasanya. Karena kita mau menjaga kandungan pada YUZU Isotonic untuk konsumen,” jelas Margareta Sianne.

Minuman isotonik YUZU Isotonic berada di bawah lisensi resmi dari PT Savoria Kreasi Rasa. Sehingga YUZU Isotonic terjamin keamanannya dan kandungannya. Masyarakat dapat menemukan informasi dan konten-konten menarik lewat akun Instagram resmi @YUZUindonesia.


(dpy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.