Cara Memulai Bisnis Produk Kebutuhan Ibu-Bayi di E-Commerce

Produk ibu dan bayi tampaknya akan terus dibutuhkan sehingga dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan/ilustrasi. (foto: pixabay)

Produk ibu dan bayi tampaknya akan terus dibutuhkan sehingga dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Platform belanja daring Tokopedia mencatat selama periode 1 Januari hingga 14 Februari 2023, produk ibu dan bayi atau anak menjadi kategori yang paling diminati.

Agar dapat menghasilkan keuntungan maksimal dalam berbisnis produk kebutuhan ibu dan bayi, berikut ini tips dari Tokopedia, Selasa (7/3/2023), bagi yang hendak memulai bisnis produk kebutuhan ibu dan bayi di e-commerce.

- Pelajari produk yang paling laris

Di Tokopedia, pada awal tahun 2023, subkategori perawatan bayi, popok, makanan dan susu bayi, mainan dan aktivitas bayi, serta perlengkapan makan bayi menjadi yang paling laris di kategori Ibu dan Bayi. Sementara di kategori Ibu dan Anak, produk terlarisnya adalah popok sekali pakai, susu untuk bayi di atas satu tahun, shampo dan sabun bayi, kapas dan tisu bayi, serta minyak telon.

- Beri deskripsi produk dan foto yang lengkap

Jelaskan produk secara rinci, mulai dari merek, fungsi, ukuran, diperuntukkan bagi anak usia berapa, kelengkapan, warna, bahan, cara perawatan hingga opsi layanan kurir, serta jadwal pengiriman. Informasikan juga sertifikasi yang telah didapatkan, misalnya label SNI untuk baju atau sertifikasi BPOM dan halal untuk makanan bayi. Untuk foto, pastikan pencahayaan cukup dan gunakan background yang sederhana untuk menonjolkan kelebihan produk. Penjual juga bisa menyiapkan foto produk dari berbagai sisi hingga detail bahan produk.

- Maksimalkan pemasaran lewat fitur beriklan otomatis dan live shopping

Manfaatkan fitur beriklan otomatis TopAds agar produk perlengkapan bayi dan anak yang dijual tampil teratas di halaman Tokopedia. Cukup dengan modal Rp 250 per klik, penjual bisa menjangkau lebih banyak pembeli dan memaksimalkan penjualan. Selain itu, buatlah live video streaming lewat Tokopedia Play untuk berinteraksi dengan calon pembeli. Video live streaming cocok untuk peluncuran produk baru, pemberian tutorial penggunaan produk, hingga penyelenggaraan kuis atau giveaway. Pada 2022, transaksi live shopping di Tokopedia Play tercatat naik 2,5 kali lipat dibandingkan 2021.

- Ikuti kampanye online

Penjual bisa memperluas jangkauan pasar lewat berbagai kampanye di Tokopedia. Salah satunya lewat kampanye tahunan Tokopedia Parents Fair, yang tahun ini berlangsung hingga 3 Maret 2023. Pada kampanye tersebut, penjual bisa memberi lebih banyak penawaran menarik untuk pembeli, mulai dari flash sale, cashback, peluncuran eksklusif, hingga live shopping.

- Perluas jangkau pasar lewat layanan gudang pintar

Penjual bisa memanfaatkan layanan Dilayani Tokopedia untuk memperluas jangkauan pasar. Layanan tersebut memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang pintar Tokopedia pada wilayah-wilayah dengan permintaan tertinggi. Layanan Dilayani Tokopedia juga membantu operasional penjual, mulai dari penerimaan, pengemasan, dan pengiriman pesanan hingga penanganan jika ada kendala transaksi. Selain itu, ongkos kirim yang ditawarkan ke pembeli bisa lebih murah bahkan gratis.


(dpy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.