Palestina Yakin Dukungan Indonesia tak Tergoyahkan di Tengah Polemik Kedatangan Timnas Israel

Dubes Palestina Zuhair al Shun. (foto: screenshoot 20detik)


JAKARTA -- Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair al-Shun menegaskan, Palestina yakin dukungan Indonesia tidak akan berubah. Pernyataan ini disampai di tengah polemik kedatangan timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023 Indonesia.

"Sebagaimana yang kita ikuti adanya satu event yang akan digelar di Indonesia, yaitu event kejuaraan sepak bola Piala Dunia U-20. Kita tahu masing-masing federasi memiliki aturan-aturannya sendiri termasuk FIFA dalam kaitan hal ini, Indonesia berhasil memenangkan bidding sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20," kata Dubes Zuhair dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Tentu, lanjut Zuhair, keikutsertaan peserta dalam event ini tidak ada kaitannya dengan suka tidak suka dengan peserta event tersebut bagian dari kompetesi yang sudah berjalan sesuai ketentuan yang berlaku. Zuhair juga yakin Palestina juga akan memberi warna dalam Piala Dunia U-20. Seperti yang terjadi di Piala Dunia Qatar 2022 di mana banyak negara-negara terutama negara Arab dan mayoritas Islam yang mengibarkan bendera Palestina.

"Saya ingin menyampaikan dalam beberapa waktu terakhir pada penyelenggaraan Piala Dunia di Qatar. Meskipun Palestina tidak ikut sebagai salah satu kontingen atau tim yang bertanding tapi kita tahu Palestina hadir dan muncul dalam event tersebut sehingga seakan-akan Palestina hadir sebagai salah satu tim yang hadir di Piala Dunia," kata Zuhair.

Zuhair tahu banyak sekali negara atau banyak sekali tim yang menyerukan dukungan pada Palestina. Ini menunjukan Palestina berada di hati banyak kalangan di dunia. "Dan saya yakin Palestina juga ada di hati bangsa Indonesia, di hati Pemerintah Indonesia di hati negara Indonesia. Palestina juga akan hadir dalam event yang segera diadakan di Indonesia," jelas dia.

Zuhair mengatakan, ia ingin memupus keraguan di kalangan banyak pihak. Ia  ingin menegaskan setelah mendengar dari banyak pihak dan dari pejabat-pejabat bangsa Indonesia ia meyakini dukungan Indonesia pada isu Palestina tidak akan berubah.

"Indonesia sangat konsisten dan senantiasa teguh dalam isu Palestina, baik dalam forum regional bahkan di forum bilateral antara Indonesia dan Palestina dan juga dalam berbagai forum multilateral. Termasuk di antaranya di ASEAN sebagai forum regional maupun forum multilateral seperti Organisasi Kerjasama Islam atau OKI," ujar Zuhair.

Zuhair mengatakan, ia juga mendengar langsung Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi yang menyampaikan pernyataan yang sangat tegas di Jenewa, Swiss, mengenai tuntutan Indonesia pada isu Palestina. Dubes Palestina itu mengatakan, Retno dengan tegas mengkritik adanya dualisme dan ambivalensi sikap dunia internasional terhadap isu Palestina.

"Oleh karena itu sekali lagi saya tegaskan Palestina, pemimpin Palestina, dan kami semua menyakini sikap Indonesia tidak akan berubah, akan selalu konsisten mendukung isu Palestina," kata Zuhair menegaskan.

 

(dpy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.