Jokowi Ingin Pastikan ASEAN Tangguh Hadapi Tantangan

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). (foto: setkab.go.id)

JAKARTA -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mendorong peran parlemen di negara-negara Kawasan Asia Tenggara (ASEAN) untuk memastikan ASEAN mampu lebih tanggap dan tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan. Sehingga ASEAN bisa menjadi pusat pertumbuhan dan kawasan yang aman, stabil, serta demokratis.

“Dalam jangka panjang, peran parlemen juga sangat dibutuhkan untuk menyusun agenda ASEAN tahun 2045. Kita harus memastikan ASEAN mampu lebih tanggap dan resilience menghadapi tantangan sehingga menjadi pusat pertumbuhan dan menjadi kawasan yang aman, stabil, dan demokratis,” ujar Jokowi saat membuka ASEAN Leaders’ Interface with Representatives of ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) di Labuan Bajo, Rabu (10/5/2023).

Jokowi mengatakan, kolaborasi pemerintah dan parlemen harus diperkuat untuk menjaga dan memperkokoh stabilitas politik serta demokrasi. Sehingga bisa menjamin ASEAN menjadi episentrum pertumbuhan.

“Kolaborasi pemerintah dan parlemen harus diperkuat untuk menjaga dan memperkokoh stabilitas politik dan demokrasi guna menjamin ASEAN menjadi epicentrum of growth,” kata Jokowi menegaskan.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga menyampaikan apresiasinya atas dukungan parlemen di ASEAN sehingga kebijakan di masa darurat pandemi Covid-19 dapat dilakukan dengan cepat. ASEAN pun bisa melawati masa kritisnya.

 

(dpy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.