PDIP Klaim 457 dari 1.000-an Organisasi Relawan Ganjar Sudah Terverifikasi

Capres 2024 dari PDIP Ganjar Pranowo. (foto: rmol.id)

JAKARTA -- Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres (TKRPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) membagi relawan pendukung Ganjar Pranowo menjadi dua kelompok. Pertama adalah kelompok relawan yang sebelumnya mendukung Joko Widodo (Jokowi) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 dan 2019.

Kedua adalah yang sebelumnya tidak berafiliasi dengan kelompok relawan pendukung Jokowi. Namun, diamini bahwa mayoritas relawan pendukung Ganjar berasal dari kategori yang pertama.

"Saya bisa katakan bahwa mayoritasnya, mayoritas sempurna organisasi pendukung Pak Jokowi. Sudah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan kita dan sebagian besar sudah memasukkan datanya," ujar Sekretaris TKRPP, Deddy Sitorus, di Kantor Sekretariat TKRPP PDIP, Jakarta, dikutip dari Antara, Senin (15/5/2023).

Hingga saat ini, sudah ada 457 organisasi relawan pendukung Ganjar yang sudah terverifikasi, dari jumlah pendaftar yang mencapai seribu organisasi relawan pendukung Gubernur Jawa Tengah itu pada Pilpres 2024.

"Dan 60 persen data yang masuk ke kami itu adalah data yang berasal dari pusat dan provinsi, belum kabupaten/kota, belum yang bersifat komunitas-komunitas, belum yang bersifat katakanlah demografi tertentu. Itu akan terus berproses menurut kami," jelas Deddy.

Sementara itu, Ketua DPP PDIP sekaligus Ketua TKRPP, Ahmad Basarah, akan berkoordinasi dengan para relawan dalam memperkuat suara bakal capres PDIP. Terutama di daerah-daerah yang diindikasikan masih kecilnya suara Gubernur Jawa Tengah itu.

"Misalnya daerah-daerah mana yang Pak Ganjar masih lemah, isu-isu apa saja yang kontraproduktif, dan sebagainya. Ini yang akan kita beri pada organ-organ relawan agar cara mereka berkampanye juga efektif," ujar Basarah menjelaskan.

Di sisi lain, lanjut Basarah, organ-organ relawan juga menghormati yurisdiksi politik partai politik yang oleh konstitusi diberikan kewenangan untuk menentukan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden."

Menurut Wakil Ketua MPR RI, relawan sudah menjadi realitas politik saat ini dan merupakan bagian dari rakyat pendukung Ganjar. "Sehingga, sebuah niscaya jika partai politik bekerja sama dengan relawan pada Pilpres 2024 mendatang," tegas dia.

 

(dpy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.