Pengarang Manga Legendaris Dragon Ball, Akira Toriyama, Tutup Usia Hari Ini

Pengarang manga legendaris 'Dragon Ball', Akira Toriyama. (Foto: Bird Studio)

JAKARTA -- Pengarang manga legendaris 'Dragon Ball', Akira Toriyama, menghembuskan napas terakhir pada usia 68 tahun akibat subdural hematoma akut. Kabar tersebut diumumkan studio produksi manga dan desain yang dipimpin oleh Toriyama, Bird Studio.

Kabar meninggalnya Akira Toriyama diumumkan Bird Studio melalui akun media sosial X Dragon Ball Z pada Jumat (8/3/2024). Toriyama meninggalkan banyak judul manga dan karya seni yang telah memberi dampak besar bagi dunia manga dan anime.

"Kami sangat bersedih untuk mengumumkan bahwa kreator manga Akira Toriyama meninggal dunia karena subdural hematoma akut. Ia saat ini menginjak usia 68 tahun," tulis studio produksi manga dan desain buatan Toriyama, Bird Studio, dalam keterangan yang diunggah pada Jumat (8/3/2024).

Toriyama adalah seorang seniman manga dan desainer karakter yang dikenal karena karyanya yang ikonik dalam industri manga dan animasi Jepang. Lahir pada 5 April 1955 di Nagoya, Jepang, Toriyama telah meninggalkan jejak yang mendalam dalam sejarah budaya populer, terutama melalui karyanya yang paling terkenal, "Dragon Ball." Namun, warisannya meluas jauh di luar Dragon Ball, mencakup berbagai genre dan bentuk kreatif.

Toriyama memulai kariernya di industri komik Jepang pada usia 23 tahun dan menciptakan karya-karya ikonik seperti "Dragon Ball" dan "Dragon Ball Z" yang menjadi salah satu judul manga terlaris dan paling berpengaruh sepanjang masa.

Tak hanya itu, Toriyama juga terlibat dalam industri gim, menjadi desainer karakter gim "Dragon Quest" dan bersama kreator gim lainnya yakni Yuji Horii dan kreator 'Final Fantasy' Hironobu Sakaguchi menciptakan gim "Chrono Trigger" yang dianggap sebagai salah satu gim terbaik yang pernah dibuat.

 

(nnn)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.