PPJI Luncurkan Pilot Project Implementasi Program Makan Siang Gratis di Madrasah Ibtidaiyah Bait Al Rahman Jaksel

Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia (PPJI) meluncurkan pilot project “Bergerak Maju Bersama PPJI untuk Indonesia.” Kegiatan ini merupakan simulasi untuk pengimplementasian Program Makan Siang Gratis dengan Gizi Seimbang bagi Siswa Sekolah. (Foto: gebrak.id)

JAKARTA -- Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia (PPJI) sangat mendukung bahkan menginisiasi terselenggaranya Program Makan Siang Gratis untuk anak sekolah dengan berkolaborasi lintas sektor melalui Program AKSI BAGI (Aksi Sahabat Gibran). Program strategis ini akan digaungkan oleh PPJI secara serentak di seluruh Indonesia dengan teknis pengimplementasiannya di lapangan.

PPJI mengimplementasikan program tersebut dengan meluncurkan pilot project “Bergerak Maju Bersama PPJI untuk Indonesia.” Kegiatan ini merupakan simulasi untuk pengimplementasian Program Makan Siang Gratis dengan Gizi Seimbang bagi Siswa Sekolah.

Peluncuran perdana kegiatan tersebut dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bait Al Rahman di Jl Durentiga Selatan VII, Jakarta Selatan (Jaksel), pada Selasa (5/3/2024). Acara diikuti oleh sekitar 270 siswa dan dihadiri oleh para guru, komite sekolah, dan para tamu undangan dari perwakilan warga dan pengurus PPJI.
    
PPJI sebagai mitra strategis pemerintah dalam penyelenggaraan jasaboga telah menyiapkan fondasi dasarnya yang meliputi penyelenggaraan pelatihan dan sertifikasi pelaku jasaboga yang meliputi Sertifikasi Penjamah Makanan, Keamanan Pangan, Higine dan Sanitasi serta memberikan edukasi Menu Gizi Seimbang. Ini agar program tersebut tertata rapi dan berjalan lancar.

"Sosialisasi telah terselenggara di beberapa kota di Pulau Jawa pada periode Januari sampai Februari 2024 sehingga pemerintah bisa menindaklanjuti fondasi dasar ini," ujar Ketua Umum PPJI Iden Gobel dalam sambutannya pada acara peluncuran pilot project ini, Selasa (5/3/2024). "Kini saatnya berjuang demi anak-anak Indonesia yang sehat dan bergizi sebagai calon-calon pemimpin bangsa di masa depan.”

Menurut Chef dari PPJI, Fahrur Rosidi, anggota PPJI yang tersebar di 22 Provinsi se-Indonesia, secara kualifikasi teknis dan kapasitas produksi, mampu menjadi eksekutor program makan siang gratis untuk meningkatkan kualitas anak didik yang menjadi target program ini. "Pengetahuan tentang gizi, standar resep, prosedur memasak serta pengemasan makanan olahan yang dimiliki anggota PPJI, dapat menjadi jaminan kualitas produk yang akan disajikan untuk program makan siang gratis," kata dia.

Wakil Sekjen PPJI, Budi Syahmenan yang membidangi Pengembangan Usaha, Hubungan Antar Lembaga, Kemitraan serta Event menambahkan, PPJI akan menjadi motor penggerak utama Program Makan Siang Gratis di Indonesia. "Kegiatan Bergerak Maju Bersama PPJI untuk Indonesia ini akan digelar serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 24 April 2024 dengan memecahkan Rekor MURI," kata dia.

Masing-masing DPD PPJI yang tersebar di 22 provinsi, lanjut Budi, akan mengerakkan DPC-DPC yang ada di kabupaten dan kota dengan membagikan masing-masing sekitar 5000 box makan siang. "Harapannya, akan ada sekitar 100.000 box makan siang yang bisa diberikan kepada anak-anak sekolah di setiap wilayah daerahnya,” cetus dia.

Kegiatan PPJI ini, lanjut Budi, dilakukan dengan modal dasar kebersamaan dan gotong royong. Ia pun meminta semua bergerak maju bersama dengan sistematis yang benar. "Tak hanya selesai pada event ini saja, tetapi masih akan banyak event lain yang terus berkelanjutan dalam rangka mensupport dan mensukseskan terselenggaranya Program Makan Siang Gratis bagi Anak Sekolah di Indonesia," ujar dia menegaskan.


(nnn)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.